get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Bandung Raih Peringkat ke-3 Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi

Pemda KBB Raih Penghargaan Swasti Saba Tingkat Wistara untuk Ketiga Kalinya

Rabu, 29 November 2023 | 23:38 WIB
header img
Penghargaan Swasti Saba Wistara diserahkan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro kepada Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif di Jakarta, Selasa 28 November 2023 malam. Foto/Dok.Prokompim

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Pemda Kabupaten Bandung Barat berhasil memperoleh penghargaan Swasti Saba Wistara untuk yang ketiga kalinya.

Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro di Grand Ballroom Kempinski West Mall Grand Indonesia Jakarta, Selasa 28 November 2023 malam.

Swasti Saba merupakan penghargaan bagi kabupaten/kota yang menyelenggarakan kabupaten/kota sehat. Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Bersama antara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Kesehatan (Menkes) Tahun 2005 Tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

"Alhamdulillah kali ini Kabupaten Bandung Barat mendapatkan penghargaan Swasti Saba tingkat Wistara yang merupakan level tertinggi. Kami menjadi salah satunya dari 27 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia," kata Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif.

Kabupaten/kota sehat merupakan  suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat.

Kabupaten Bandung Barat memperoleh penghargaan ini setelah berhasil memenuhi sembilan tatanan yang telah ditentukan. Yakni Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Tatanan Pemukiman dan Fasilitas Umum, Tatanan Satuan Pendidikan.

Kemudian Tatanan Pasar, Tatanan Pariwisata, Tatanan Transportasi dan Tertib Lalulintas, Tatanan Perkantoran dan Perindustrian, Tatanan Perlindungan Sosial dan Tatanan Pencegahan dan Penanganan Bencana.

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat di Kabupaten Bandung Barat diselenggarakan dalam bentuk kemitraan antara Tim Pembina. Yaitu pemerintah daerah dan Forum Kabupaten Bandung Barat Sehat.

"Kami persembahkan penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat. Semoga ke depan berbagai program yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik," ucap Arsan. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut