get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilwalkot Bandung, Pengamat Ungkap Elektabilitas Arfi Rafnialdi Harus Diuji 

Melejit di Survei Litbang Kompas Suatu Keniscayaan 

Kamis, 14 Desember 2023 | 21:34 WIB
header img
diskusi publik bertajuk Otw 2024 dan bedah buku karya Sudirman Said berjudul 'Bergerak dengan Kewajaran?' di Filosofi Kopi, Kota Bandung. Foto Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ketua Pelaksana Timnas AMIN, Sudirman Said, mengaku bersyukur atas hasil survei terbaru yang diadakan oleh Litbang Kompas. Pasalnya pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar elektabilitasnya meningkat. 

"Ya itu sesuatu yang perlu kita syukuri," kata dia dalam kegiatan diskusi publik bertajuk Otw 2024 dan bedah buku karya Sudirman Said berjudul 'Bergerak dengan Kewajaran?' di Filosofi Kopi, Kota Bandung, pada Kamis (14/12).

Hal yang lebih membahagiakan dari survei Litbang Kompas, kata Sudirman, yakni maraknya warga yang belum menentukan pilihan. Dia pun menilai warga itu belum menentukan pilihan karena masih menunggu munculnya figur yang akan membawa perubahan.

"Mereka masih melihat, yang baru ini siapa yang layak untuk dipilih," ucap dia.

"Saya kira yang salah satu bisa ditawarkan adalah Pak Anies dan Pak Muhaimin karena memang keduanya adalah pasangan yang menjanjikan perubahan fundamental," lanjut dia.

Dirinya menilai hasil itu tidak lepas dari sosok Anies yang memiliki  seperti nyawa berlapis lapis. Daya hidupnya dijaga oleh alam semesta.

"Terlihat bagaimana dulu, saat anies dicopot dari jabatan menteri pendidikan banyak orang mencemooh, akan tetapi terlihat dirinya mampu mengemban amanat  untuk menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta," tuturnya. 

Selain itu dirinya menilai agar bangsa ini tidak kecewa untuk kesekian kalinya, Anies harus menjaga diri agar tidak jatuh pada praktik conflict of interest, mencampur adukkan urusan privat dengan publik.

"Karena itu penting agar Anies mengelilingi dirinya dengan orang-orang jujur, manusia yang sudah selesai dengan diri sendiri, dan memiliki kompetensi memadai," pungkasnya. 

Sebelumnya, dalam hasil survei tersebut, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan 39,3 persen. Sedangkan pasangan Anies-Cak Imin tampak mulai rebound menyalip pasangan Ganjar-Mahfud dengan perolehan 16,7 persen. Sedangkan Ganjar-Mahfud berada di posisi terakhir dengan perolehan 15,3. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut