get app
inews
Aa Read Next : Suksesi Pilkada, Golkar Dorong Figur Pituin KBB untuk Maju Menjadi Bupati

Golkar Jabar Gelar Rakornis Pasukan Udara demi Menang Pemilu 2024

Jum'at, 15 Desember 2023 | 15:15 WIB
header img
Ketua DPD Partai Golkar saat memberikan materi pada Rakornis Partai Golkar di Bandung, Sabtu (15/12/2023)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jabar Tubagus Ace Hasan Syadzily mengajak seluruh kadernya agar mampu membangun diksi dan narasi positif di Media Sosial (medsos) untuk memenangkan Pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan Tubagus Ace Hasan Syadzily saat menjadi pemateri pada Rapat Kooordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Media dan Pemggalangan Opini (MPO) DPD Partai Golkar Jabar di Hotel Asrilia Kota Bandung, Kamis (14/12/2023) malam.

“Politik itu tergantung dari persepsi. Kalau dipersepsikan positif maka akan positif. Media sosial telah memoles banyak hal termasuk politik dan pemimpin politik untuk menjadi sosok yang lebih dikenal publik,” kata Kang Ace, sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu menyatakan, pada dasarnya tujuan partai politik itu berkomunikasi dengan masyarakat baik secara langsung maupun tidak, adalah untuk memberikan informasi. Di antaranya mengenai informasi kebijakan, program kerja, mempersuasi, dan membentuk opini publik untuk mempengaruhi masyarakat sesuai tujuan kepartaian.

Karena itu, ujar Kang Ace, kehadiran ‘pasukan udara’ bagi partai politik menjadi semakin penting terutama dalam masa-masa kampanye saat ini. Dimana Golkar memiliki target meraih minimal 20 persen kursi legislatif dan menang Pilpres serta Pilkada pada Pemilu 2024.

"Di era demokrasi saat ini partai politik tidak bisa dominan hanya menerapkan komunikasi satu arah. Feedback dari masyarakat sangat diperlukan untuk menjaring aspirasi dan informasi guna menyempurnakan kebijakan dan program kerja partai, sehingga terjadi keselarasan antara kepentingan partai dengan masyarakat,” ujar Kang Ace dalam kegiatan yang dipandu Ketua Biro Bidang Media dan Penggalangan Opini DPD Partai Golkar Jabar Saep Lukman.

Karenai itu, tutur dia, kader Golkar harus memiliki kemampuan menggalang kekuatan media. Bukan hanya media konvesional tetapi juga media sosial. Sebab kini setiap orang kini bisa menjadi pewarta dan membangun opini bagi dirinya maupun orang lain.

“Media sosial telah mempengaruhi banyak pola pikir masyarakat. Karena itu pembangunan diksi menjadi penting dalam membangun komunikasi politik yang baik. Terutama ketika hendak menyampaikan pesan tentang hal-hal yang berkaitan dengan program kegiatan kepartaian,” tegasnya.

Pada acara yang dihadiri para Pengurus Bidang MPO seluruh DPD Kabupaten/Kota Partai Golkar di Jawa Barat, pengurus Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Golkar Jabar itu, Kang Ace, kemudian mengungkap berbagai data dan memaparkan sejumlah hasil survei terkait penggunaan media sosial di Indonesia, termasuk hubungannya dengan kecenderungan pemilih saat ini.

Kang Ace mengayakan, dari total populasi 276,4 juta penduduk Indonesia, terdapat 353,8 juta perangkat handphone yang digunakan atau 128 persen dari jumlah penduduk. Artinya setiap penduduk memiliki lebih dari satu handphone. Sementara dari total penduduk yang ada sekitar 167 juta orang adalah mereka yang aktif di sosial media atau sekitar 60,4 persen dari total populasi. Dimana setiap orang hampir 4 jam 53 menit setiap harinya menggunakan internet di perangkat hp mereka.

"Itu alasannya mengapa kini sebuah berita menyebar begitu cepat via media sosial. Ingat lawan punya materi negatif atau infirmasi hitam mengenai kita untuk disebarkan. Persoalnya sekarang. apakah kita punya materi berita atau narasi positif untuk sebarkan atau tidak?,” ucap Kang Ace. Wakil rakyat asal Dapil Kabupaten Bandung dan Bandung Barat ini menyebut tentang target yang harus dilalukan para kadernya dalam merekrut pemilih sebanyak-banyaknya. Salah satunya dengan cara mengelola media dan media sosial.

"Untuk itu lakukan tiga prinsip dalam bermedsos yakni tanam, tebar dan tuai. Tanam konten positif sebanyak mungkin di berbagai media termasuk media sosial,” ujar dia.

Kang Ace memberikan beberapa tips menggunakan media sosial untuk promosi. berbagi ilmu dan interaksi. “Konten serius diolah menjadi ringan dan menghibur. Isu apa yang ingin dibahas?. Sesuaikan dengan isu di dapil dengan jenis konten yang enak disebar,” tutur Kang Ace.

Rakornis Bidang MPO DPD Partai Golkar Jawa Barat itu juga dihadiri Wakil Ketua Umum DPP Partai Gokar yang juga mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Wakil Ketua DPP Partai Golkar Bidang Komunikasi dan Informasi Nurul Arifin, Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar MQ Iswara dan Bendahara DPD Partai Gokar Jabar Metty Triantika.

Kemudian Wakil Ketua Bidang MPO DPD Partai Golkar Jawa Barat, Asep Suparma serta pengurus lainnya. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh deklarasi tim siber milennial Partai Golkar dalam memenangkan pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka. Mereka menargetkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dari Partai Golkar itu bisa menang telak di Jawa Barat. ***

Editor : Ude D Gunadi

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut