get app
inews
Aa Read Next : Pelatih Persib Bakal Nonton Langsung Piala Dunia U-17 ke Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Jalak Harupat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Rabu, 02 Februari 2022 | 10:40 WIB
header img
Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Bandung jadi tuan tumah piala dunia u-20. (Foto: Istemewa)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bandung melakukan persiapan pembenahan stadion Si Jalak Harupat. Hal itu sebagai upaya untuk menyambut gelaran piala dunia usia 20 yang rencananya akan digelar di Indonesia pada 2023.

Bupati Bandung, M Dadang Supriatna, mengatakan, pembenahan dilakukan untuk meningkatkan citra Kabupaten Bandung di mata internasional. Maka dari itu, pihaknya menggandeng pihak ketiga untuk renovasi stadion kebanggaan masyarakat Bandung ini.

"Pemkab dan serta Dispora juga merancang agar pengelolaan Stadion Si Jalak Harupat dikelola oleh pihak ketiga. Pengelolaan sebelumnya telah sukses digunakan untuk Asia Games serta event internasional lainnya," kata Dadang, seperti diberitakan iNews.id, Selasa (1/2/2022).

Pemkab Bandung juga memanfaatkan Piala Dunia 2023 sebagai ajang promosi produk UMKM lokal kepada dunia. Dengan begitu, terdapat efek positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Menjadi tuan rumah piala dunia harus dimanfaatkan sebaik mungkin terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kadispora Kabupaten Bandung Marlan Nirsyamsu mengatakan, lapangan sepak bola termegah dan berstandar internasional yang dikelola Dispora Kabupaten Bandung telah ditinjau langsung oleh Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan dan Bupati Bandung M Dadang Supriatna pada 2021.

 

Bahkan pada November-Desember 2021, kata Marlan, stadion ini telah diuji coba kelayakannya untuk menggelar turnamen nasional. Saat itu, Ketum PSSI melihat langsung kondisi lapangan saat digunakan pertandingan uji coba digelar.

"Pertandingan sekaligus uji coba kelayakan stadion berkapasitas 35.000 lebih penonton ini dilaksanakan sebagai persiapan menjadi venue tuan rumah FIFA World Cup 2023 usia 20 pada 2023. Penilaian Ketua Umum PSSI, Stadion Si Jalak Harupat sangat layak jadi tuan rumah," kata Kadispora Kabupaten Bandung, Selasa (1/2/2022).

Sebagaimana diketahui, Sebagaimana diketahui, Enam kota dan enam stadion di Indonesia telah ditunjuk sebagai lokasi turnamen piala dunia usia 20 tahun.

Diantaranya, Jakarta (Gelora Bung Karno), Kabupaten Bandung (Si Jalak Harupat), Surabaya (Gelora Bung Tomo), Kabupaten Gianyar (Kapten I Wayan Dipta), Solo (Manahan), dan Palembang (Gelora Sriwijaya). (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut