get app
inews
Aa Read Next : Ini Kata Ulama Tentang Hukum Orang Muslim Mengucapkan Selamat Natal

Jelang Natal, Kepadatan Kendaraan Terjadi di Tol Pasteur hingga Cileunyi

Minggu, 24 Desember 2023 | 17:00 WIB
header img
Jelang Natal, Kepadatan Kendaraan Terjadi di Tol Pasteur hingga Cileunyi. (Foto: X @woosill22)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Menjelang perayaan Natal 2023, sejumlah ruas jalan seperti Jalan Tol hingga jalan perkotaan di Kota Bandung mulai dipadati kendaraan wisatawan. 

Berdasarkan pantauan, kepadatan kendaraan terjadi di Gerbang Tol Pasteur. Kendaraan dari arah Jakarta turut mendominasi untuk masuk wilayah Bandung. Sedangkan dari arah Bandung yang masuk ke Tol Pasteur tergolong landai. 

Marketing & Communication Departement Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Panji Satriya mengatakan, kepadatan kendaraan juga terjadi di jalan akses keluar menuju arteri arah Rancaekek dari Gerbang Tol (GT) Cileunyi. 

"Hal ini disebabkan adanya kegiatan perbaikan penutup saluran air. Antrean kendaraan pun memanjang hingga GT Cileunyi," ucap Panji, Sabtu (23/12/2023).

Atas diskresi kepolisian, Panji menjelaskan, telah diberlakukan buka tutup pada GT Cileunyi untuk mengantisipasi panjangnya antrean yang berpotensi mengganggu lalu lintas di jalur utama jalan tol.

"Perbaikan diperkirakan sudah berlangsung sejak pukul 15.00 WIB," ujarnya.

Panji mengungkapkan, bagi pengguna jalan yang ingin keluar melalui GT Cileunyi, bisa melanjutkan perjalanan dan keluar di GT terdekat, salah satunya adalah GT Jatinangor di Ruas Tol Cisumdawu yang baru saja diresmikan pemerintah pusat beberapa waktu kemarin. 

"PT Jasa Marga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya," imbuhnya.

Selain Tol di sekitar Kota Bandung, kendaraan yang melintas jalan alteri di samping Jalan Layang (flyover) Prof Mochtar Kusumaatmadja menuju arah Dago mengalami kepadatan.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jabar, Kombes Wibowo memprediksi arus mudik libur Natal dan tahun baru (Nataru) terjadi pada awal pekan ini. Beberapa jalur di Jawa Barat berpotensi mulai dipenuhi para pengendara. 

Menurutnya, arus mudik pertama akan terjadi pada 22 Desember 2023 atau tepatnya saat anak-anak sekolah sudah mulai libur sekolah dan berdekatan dengan perayaan Natal. Kemudian arus balik akan terjadi pada 26 Desember 2023.

"Mudik balik pertama itu terjadi pada tanggal 26, ini kan tidak ada libur bersama, jadi ada beberapa atau semua kementerian lembaga pemerintah pasti akan masuk, beberapa perusahaan swasta akan masuk," ujar Wibowo, di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, pada Kamis (21/12/2023).

Dengan kondisi itu, Wibowo memprediksi arus mudik dan arus balik pertama akan terjadi pada pekan ini. Sementara, puncak arus mudik gelombang kedua akan terjadi pada tanggal 29 Desember 2023. Dan puncaknya akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2024 dan 2 Januari 2024.

"Mudik kedua akan terjadi pada tanggal 29 atau Jumat depan, yang akan melaksanakan persiapan tahun baru, mudik balik keduanya akan terjadi pada tanggal 1 atau tanggal 2. Ini prediksi aja," tutupnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut