get app
inews
Aa Read Next : 4 Parpol Koalisi, Yod Mintaraga: Calon Golkar Selalu Berpijak pada Survei

Pesan Kang Sabil, Menjaga Kekayaan Seni Budaya Sunda Jadi Tanggung Jawab Bersama

Jum'at, 29 Desember 2023 | 21:32 WIB
header img
Pentingnya menjaga budaya dan kesenian Sunda seperti budaya Sunda Mapag yang ditampilkan masyarakat Kampung Lembang, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, KBB, adalah menjadi tanggung jawab bersama. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Keindahan dan kekhasan budaya Sunda menjadi kekayaan sejarah yang tak ternilai. Sehingga telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas Bangsa Indonesia.

Oleh karenanya, Caleg DPR RI Partai Golkar Dr. M. Sabil Rachman, M.Si atau akrab dipanggil Kang Sabil, berpesan agar kekayaan seni dan budaya Sunda sebagai warisan berharga dijaga agar tidak punah.

Hal tersebut disampaikan Caleg DPR RI Partai Golkar nomor urut dua dari Dapil Jabar Dua yang mencakup Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Bandung ini, saat disambut dengan seni dan budaya Sunda Mapag saat bersilaturahmi ke Kampung Lembang, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, KBB, Senin (25/12/2023).

"Budaya Sunda adalah warisan leluhur yang luar biasa, penting untuk merangkul, merawat, dan menjaganya untuk generasi masa depan. Menjaganya adalah jadi tanggung jawab bersama," kata Kang Sabil.

Menurut Kang Sabil, dirinya merasa tersanjung dengan serangkaian penyambutan yang dilakukan oleh masayarakat kampung Lembang, Mukapayung, Cililin.

Dia pun bangga kepada mereka dan merasa memiliki tujuan untuk lebih memperkenalkan, mempertahankan, dan mendukung seni dan budaya Sunda.

Sebagai upaya untuk mempertahankan keberlangsungan seni dan budaya Sunda yang berharga, berbagai pihak perlu bersatu untuk mengambil langkah konkret.

Pemerintah, lembaga budaya, komunitas seni, serta masyarakat secara keseluruhan telah perlu bergandengan tangan untuk menjaga kelestarian warisan tersebut.

Apresiasi yang mendalam juga diberikan kepada masyarakat yang masih mau dan mampu mempertahankan kekayaan seni dan budaya Sunda. Itu menjadi salah satu aspek yang sangat penting adalah melibatkan generasi muda dalam upaya pelestarian ini.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan sekolah di Jawa Barat, mulai mengintegrasikan seni dan budaya lokal ke dalam kurikulum pendidikan mereka.

Tujuannya untuk memastikan bahwa pengetahuan tentang seni dan budaya Sunda tidak hanya diwariskan, tetapi juga dipahami dan dihargai oleh generasi mendatang.

Selain itu, lanjut Kang Sabil, komunitas seniman juga dapat berperan aktif dengan mengadakan lokakarya, pameran seni, dan pertunjukan, untuk meningkatkan kesadaran publik tentang keindahan dan makna yang terkandung dalam seni Sunda.

Namun demikian, tantangan tetap ada. Globalisasi dan modernisasi membawa perubahan dalam pola pikir dan gaya hidup masyarakat. Untuk itu, langkah-langkah berkelanjutan diperlukan agar kekayaan budaya itu tetap hidup dan berkembang dalam konteks zaman yang terus berubah.

Dalam semangatnya, Kang Sabil mengajak kepada semua pihak untuk terlibat aktif dalam upaya pelestarian seni dan budaya Sunda. Yakni bersama-sama merangkul dan menjaga kekayaan warisan tersebut.

“Mari kita pastikan bahwa keindahan dan kearifan yang terkandung dalam seni dan budaya Sunda akan terus bersinar di masa kini dan masa depan. Tentunya kita semua adalah sebagai pelakunya, bagaimana warisan berharga ini bisa terus ada dan tersampaikan,” harapnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut