get app
inews
Aa Read Next : Cermati Banyaknya Perkeliruan dalam Pemilu 2024, Iwan Setiawan Soroti Benda Ajaib Sirekap

Tekan Golput di Pemilu, Relawan Gempur 08 dan GoPro Gelar Lomba Video Kreatif

Sabtu, 30 Desember 2023 | 18:16 WIB
header img
Koordinator Gempur 08, Septinda menjelaskan mekanisme mengenai lomba video kreatif yang bertema “Menggempur Golput : Gerakan Anti Golput Menuju Indonesia Maju”. Foto/Istimewa

BANDUNG,Inews Bandungraya.Id - Angka partisipasi pemilih di Pemilu 2024 terus digenjot agar persentasenya mengalami kenaikan dari Pemilu tahun sebelumnya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan  adalah dengan menekan angka golput (yang tidak mencoblos).

Mengacu kepada data BPS, pada Pemilu 2019 jumlah total pemilih yang tercatat di daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 192,77 juta orang. Dari jumlah tersebut, yang menggunakan hak pilih dalam Pemilu DPR 2019 mencapai 157,47 juta orang atau 81,69% dari total pemilih nasional.

Sementara yang tidak menggunakan hak pilih (golput) ada sekitar 35,29 juta orang atau sekitar 18,31% dari total pemilih nasional.

Masih tingginya angka golput itu mendorong sejumlah relawan untuk menggelar lomba video kreatif. Tema yang diambil “Menggempur Golput : Gerakan Anti Golput Menuju Indonesia Maju”. Kompetisi tersebut diselenggarakan di Instagram, dimulai dari 30 Desember 2023.

Lomba tersebut diselenggarakan untuk menunjukkan komitmen Partai Golkar melalui Relawan Gempur 08 dan Relawan GoPro. Serta mendukung kreativitas generasi muda dengan mengajak mereka berkontribusi untuk menyambut Pemilu 2024, dan bersama-sama memberantas budaya golput.

“Lomba ini kami selenggarakan sebagai campaign anti golput, dan mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi pada tanggal 14 Februari 2024," kata Koordinator Gempur 08, Septinda saat ditemui di Mabes Gempur 08, Jumat (29/12/2023).

Dijelaskannya, kompetisi dibuka untuk umum, jadi siapapun dapat mengikuti lomba ini. Tidak ada pungutan biaya apapun dengan hadiah yang telah disiapkan totalnya mencapai jutaan rupiah untuk para pemenang.

Wanita yang akrab didapa Septi ini juga menyebutkan, bahwa campaign yang dilakukannya tersebut berkolaborasi langsung bersama Partai Golkar. Untuk lombanya akan berlangsung selama 2 minggu, dari tanggal 30 Desember 2023 sampai dengan 13 Januari 2024.

“Kami sudah berkordinasi dengan Partai Golkar dan mendapat dukungan penuh untuk menyelenggarakan lomba ini. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa dilihat di akun Instagram @gempur08 dan @relawangopro.id," sebutnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut