get app
inews
Aa Read Next : Bebas Kendaraan Setiap Akhir Pekan, Ini Dia Tiga Spot Tempat Wisata di Braga

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Ciamis yang Cocok untuk Liburan Keluarga saat Akhir Pekan

Jum'at, 19 Januari 2024 | 17:07 WIB
header img
Waterboom Tirta Sumberjaya Cipangalun. (Foto: Dok. Rahmat Ramadhan)

CIAMIS, iNewsBandungRaya.id - Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat. Meski luas daerah ini tidak terlalu besar, namun Ciamis memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, tempat wisata di Ciamis ini juga bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga menghabiskan waktu liburan akhir pekan.

Tanpa berlama-lama, berikut ini 7 rekomendasi tempat wisata di Ciamis untuk liburan keluarga, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong merupakan danau yang memiliki luas lebih dari 60 Ha. Menjadi tempat wisata paling populer di Kabupaten Ciamis bahkan terkenal keluar kota.

Danau ini menyuguhkan beragam tema wisata dalam satu kawasan yang sama. Dari mulai wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi.

Situ Lengkong juga menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu Ciamis, memiliki 3 buah nusa yang masing-masing digunakan sebagai tempat bangunan istana kerajaan, kepatihan, dan staf kerajaan dulunya.

2. Objek Wisata Budaya Ciungwanara

Objek Wisata Budaya Ciungwanara atau dikenal juga dengan nama Karangkamulyan adalah salah satu situs arkeologi bercorak Hindu-Sunda yang ada di Kabupaten Ciamis.

Karangkamulyan menjadi lokasi didirikannya Kerajaan Galuh oleh Wretikandayun pada tahun 612 serta menyimpan benda peninggalan sejarah kerajaan galuh seperti pancalikan, sanghyang bedil, panyabungan ayam, lambang peribadatan, cikahuripan, panyandaan, pamangkonan,makam adipati panaekan, dan patimuan.

Objek Wisata Budaya Ciungwanara dipilih untuk menyimpan Gong Perdaamaian Dunia dengan alasan nilai-nilai kesepakatan dan perdamaian yang sudah ada di Kerajaan Galuh.

Dibukanya Pusat Budaya Karangkamulyan menambah keragaman wisata dan tentunya belajar sejarah Kerajaan Galuh rasanya paling benar jika datang langsung ke Objek Wisata Budaya Ciungwanara serta menjadikan referensi yang pasti.

3. Waterboom Tirta Sumberjaya Cipangalun

Tirta Sumber Jaya Cipangalun yang terletak di Desa Jalatrang menjadi waterboom primadona di Kabupaten Ciamis. Tempat ini menyajikan wahana bermain air yang terdiri dari kolam renang dewasa, kolam air mancur, ember tumpah, prosotan dan kolam arus air.

Selain wahana air terdapat juga flying fox, tempat kemah dan gedung serba guna yang bisa digunakan untuk kegiatan rapat atau pernikahan. Pengunjung juga tidak bakal takut kelaparan, karna sudah ada “Kedai Duren Sumber Jaya” yang menyediakan makanan dan minuman.

4. Sukahaji Waterboom

Sukahaji Waterboom berlokasi di Jl.Raya Cihaurbeuti, Sukahaji Ciamis. Dengan view Gunung Galunggung, tempat wisata satu ini dapat memanjakan mata selain wisata edukasi dan air.

Sukahaji Waterboom juga menawarkan aktifitas outbound asyik dan menjadi salah satu outbound favorit di Kabupaten Ciamis.

5. Kampung Madu, KTH Bina Lestari

Banjaranyar merupakan sebuah desa di Kabupaten Ciamis yang dijuluki Kampung Madu. Hampir semua warganya membudidayakan lebah, sedikitnya ada 10 spesies lebah, yakni lebah trigona, itama atau teuweul, leviset, lebah hutan atau Odeng, lebah matahari, nyiruan dan berbagai jenis lainnya yang belum diketahui.

KTH Bina Lestari melakukan inovasi untuk mengenalkan dan memajukan destinasi wisata ke khalayak luas. Ini dibuktikan dengan adanya wisata sedot madu langsung dari sarangnya.

Madu yang bisa di sedot langsung dari sarangnya adalah jenis madu lebah trigona itama, dimana jenis lebah tama tidak agresif dan tidak berbisaa, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir diserang kawanan lebah ketika menyedot madu.

6. Situ Wangi

Tempat wisata Situ Wangi merupakan danau indah berada yang berada di Kecamatan Kawali, tepatnya di Desa Winduraja Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang kini kondisinya jauh dari sebelumnya.

Situ Wangi memiliki cerita urban yang sangat melekat di masyarakat. Konon situ ini dahulu digunakan oleh 8 raja sebagai sumber air. Lokasi ini juga terdapat 8 makam raja pada zaman Kerajaan Galuh.

7. Desa Wisata Cibeureum

Cibeureum merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Sukamantri yang menyimpan potensi wisata. Daya tarik wisata yang dimiliki Desa Cibeureum sangat banyak.

Dalam satu kawasan desa, terdapat destinasi wisata yang menakjubkan diantaranya Mini Ranch Sapi Pasundan, Agrowisata Werkit, Situ Cibubuhan, Situs Batu Panjang dan Kampung Malaka.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut