get app
inews
Aa Read Next : Waspada! BMKG Prediksi Wilayah Jabar Diguyur Hujan Selama Periode Lebaran

5 Manfaat Luar Biasa Air Hujan Untuk Tanaman

Jum'at, 16 Februari 2024 | 10:51 WIB
header img
Manfaat Air Hujan untuk Tamanam. (Foto: Haura)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Hujan deras beberapa hari ke belakang membasahi Kota Kembang, Bandung dan Kota lainya di Indonesia. Suasana pun segar sekaligus dingin. Selain memberi kesan segar dan dingin, setiap tetes air hujan juga menjadi berkah bagi tanaman di sekitar. 

Tanpa disadari, air hujan yang mungkin biasanya dipandang sebelah mata oleh manusia, bisa menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi tanaman disekitar kita. 

Air hujan memiliki beberapa manfaat yang signifikan bagi tanaman, membantu mendukung pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Berikut adalah beberapa manfaat utama air hujan bagi tanaman:

1. Meningkatkan Kesuburan Tanah

Menurut jurnal beberapa ahli, air hujan membantu melarutkan nutrisi dalam tanah, memperbaiki kesuburan tanah. Proses ini membantu menyediakan unsur-unsur penting seperti nitrogen, fosfor, dan kalium bagi tanaman, meningkatkan kualitas tanah.

2. Sebagai Pembersih Tanaman

Air hujan membersihkan permukaan daun tanaman dari debu dan kotoran, sehingga bisa meningkatkan efisiensi fotosintesis. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko serangan hama dan penyakit yang dapat menyebar melalui kontaminasi pada permukaan daun.

3. Menyeimbangkan Kehidupan Mikroba Tanah

Air hujan membawa mikroorganisme dan nutrisi ke dalam tanah, mendukung keseimbangan mikroba tanah yang penting untuk kesehatan ekosistem tanah. Ini dapat meningkatkan pertukaran nutrisi dan meningkatkan aktivitas mikroba yang bermanfaat.

4. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman 

Kombinasi air dan nutrisi yang dibawa oleh hujan dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Hal ini khususnya penting selama fase pertumbuhan aktif tanaman.

5. Mengatasi Kekeringan

Air hujan dapat membantu mengatasi kekeringan dengan memberikan suplai air tambahan pada tanaman selama musim kering. Ini dapat sangat berguna bagi tanaman yang tidak menerima irigasi tambahan.

Penting untuk dicatat bahwa manfaat air hujan dapat bervariasi tergantung pada kondisi tanah, jenis tanaman, dan iklim setempat. Namun, secara umum, air hujan memberikan kontribusi yang sangat positif untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut