get app
inews
Aa Read Next : Diikuti 500 Peserta, JIEF 2024 Dukung Jabar Jadi Poros Ekonomi Syariah Nasional

Selangkah Lagi Jabar Jadi Provinsi Layak Anak, DP3AKB Dorong Pejabat Daerah Tingkatkan Kepedulian

Selasa, 05 Maret 2024 | 20:20 WIB
header img
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jabar Siska Gerfianti. Foto: Istimewa.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Selangkah lagi Jawa Barat menjadi Provinsi Layak Anak, dari 27 kabupaten/kota di Jabar 23 daerah sudah berpredikat Layak Anak. 

Provinsi Jabar masih menunggu 4 daerah yang tengah berproses yakni, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung Barat, Kota Tasikmalaya, dan Kota Cimahi. 

Hal itu diungkap langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jabar Siska Gerfianti saat membuka Forum Perangkat Daerah Bidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB se-Jabar, di Kabupaten Karawang, Selasa (5/3/2024). 

"Kita dorong para bupati, wali kota, atau penjabat daerah tersebut untuk terus berupaya meningkatkan layanan dan kepedulian terhadap anak. Jika seluruh kabupaten kota di Jabar berpredikat Layak Anak, maka dengan sendirinya Jabar menjadi Provinsi Layak Anak," ujar Siska Gerfianti.

Siska mengatakan, langkah untuk mendorong semua daerah berpredikat layak anak, maka kuantitas dan kualitas program harus berjalan, baik di level provinsi maupun kabupaten kota harus ditingkatkan. 

"Program seperti sekolah perempuan, peningkatan layanan aduan dan penyelesaian kekerasan terhadap perempuan dan anak, sekolah ayah ibu yaitu program parenting, serta program konsultasi pranikah," ujarnya.

Sementara itu, Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar Dodo Suhendar menyampaikan, banyaknya penduduk menimbulkan berbagai permasalahan seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

"Penyelesaian masalah sosial harus dilakukan dengan kolaborasi dan inovasi lintas sektor, antar-OPD provinsi, serta kabupaten dan kota," jelasnya.

Forum Perangkat Daerah DP3AKB Jabar merupakan wadah kerja sama antar-pelaku pembangunan di bidang PPPA KB, bertujuan menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan kabupaten kota dan provinsi. 

Tahun ini Forum Perangkat Daerah Bidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB se-Jabar mengambil tema 'Sinergi Lintas Sektor Mewujudkan Jabar sebagai Provinsi Ramah Perempuan dan Anak, Hambatan atau Tantangan?'.

Acara tersebut dihadiri oleh perangkat daerah yang membidangi PPPA dan KB se-Jabar, serta menghadirkan beberapa pemateri dari Provinsi Jabar dan Kementerian PPPA, serta digelar 5-6 Maret 2024.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut