get app
inews
Aa Read Next : Sejak H-5 Lebaran, Kemenhub Catat Peningkatan Penumpang Angkutan Umum

199 Ruas Jalan di Jawa Barat Berpotensi Jadi Jalur Mudik Lebaran 2024

Sabtu, 23 Maret 2024 | 19:00 WIB
header img
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: Sindonews)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat mencatat, ada sebanyak 119 dari 297 ruas jalan provinsi yang berpotensi dilalui oleh para pemudik pada Lebaran 2024.

Kepala DBMPR Jabar, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, para pemudik juga diprediksi bakal melalui 100 ruas jalan provinsi untuk menuju tempat wisata yang ada di Jabar.

"Jadi dari 297 ruas jalan yang punya kewenangan provinsi itu ada hampir 119 yang berpotensi digunakan untuk jalur mudik, kemudian sekitar 100 sekian yang berpotensi juga untuk digunakan akses menuju ke pusat-pusat wisata yang ada di Jabar," ucap Bambang saat dihubungi, Sabtu (23/3/2024).

Demi menciptakkan keamanan dan kenyamanan para pemudik, kata Bambang, pihaknya pun berupaya melakukan pemeliharaan di ruas jalan yang berpotensi digunakan pemudik dan wisata tersebut.

"Kita akan kejar terus pemeliharaannya, terutama di jalan milik provinsi yang akan digunakan untuk jalur mudik dan arus balik," ungkapnya. 

Bambang mengatakan, Pemprov Jabar memiliki berbagai langkah untuk mempercepat pemantapan jalan, salah satunya memaksimalkan program sapu lobang. Dia mengklaim, dari total panjang jalan milik provinsi sekitar 2.362 kilo meter, ada sekitar 630 lubang jalan. 

"Ini akan kita selesaikan, Insyaallah mudah-mudahan di H-10 (lebaran), ini (lubang jalan) sudah tuntas. Karena memang ada himbauan biasanya setiap tahun itu oleh pusat tidak diperbolehkan H-10 ada aktivitas pekerjaan untuk yang sifatnya pekerjaan besar," katanya.

Bambang berharap, program sapu lubang ini nantinya dapat membuat jalan milik provinsi mulus, nyaman dan aman dilalui para pemudik. Dia memastikan, jalan provinsi akan layak dilalui saat mudik lebaran 2024.

"Jadi apapun ceritanya, kita di UPTD 1 - 6, seluruh ruas jalan yang punya provinsi akan terus dilakukan pemeliharaan, agar jalur-jalur yang akan digunakan mudik atau menuju pusat wisata nanti, itu layak untuk dilalui," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut