get app
inews
Aa Read Next : Sekda Jabar Pastikan Sampah Bandung Raya Terkelola Baik Selama Libur Lebaran

5 Tips untuk Kembali Adaptasi ke Rutinitas Kerja Pasca-Libur Lebaran

Kamis, 18 April 2024 | 11:52 WIB
header img
Ilustrasi bekerja pasca lebaran. (Foto: forbes.com)

BANDUNG, iNewsBandungaraya.id - Setelah periode liburan panjang yang menyegarkan, banyak dari kita kini dihadapkan pada tantangan kembali beradaptasi dengan rutinitas kerja yang sibuk. Kita perlu menyesuaikan kembali aktifitas sehari-hari yang sebelumnya selalu dilakukan. Namun, jangan khawatir! Dalam menghadapi transisi ini, ada beberapa tips kunci yang dapat membantu Anda kembali beradaptasi dengan lancar ke rutinitas kerja pasca-liburan Lebaran.

Dari mengatur jadwal yang efisien hingga memanfaatkan teknik manajemen waktu yang tepat, dirangkum dari berbagai sumber berikut langkah-langkah praktis yang akan membantu mengoptimalkan produktivitas dan kembali dengan semangat yang segar di tempat kerja.

1.Membuat To-do list

Untuk memulai pekerjaan agar lebih tersusun dan terjadwal, cobalah membuat to-do list atau menuliskan daftar tugas. Dengan membuat to-do list kita dapat mengatur pekerjan mana yang perlu didahulukan dan apa saja yang harus di lakukan setiap harinya. Lalu mencatat pekerjaan yang sudah dilakkan. 

Hal ini dapat membuat kita menggunakan waktu dengan lebih efisien dan lebih terstruktru sehingga kita tidak merasa kewalahan. Ketika membuat to-do list, hindari menumpuk pekerjaan dalam satu hari, cobalah mengatur waktu dan skala piroritas ketika menentukan tugas yang harus dilakukan.

2. Berolahraga

Setelah libur panjangm tubuh merasa malas untuk berolahraga atau melakukan aktifitas lainnya. Cobalah utuk mulai berolahraga secara teratur untuk meningkatkan energi dan semangat kerja. Anda dapat melakukan olahraga secara perlahan dengan melakukan olahraga ringan seperti peregangan tuguh ataupun yoga sehingga badan kembali segar dan siap untuk kembali memulai aktivitas sehari-hari.

3. Merapikan meja kerja

Merapikan meja kerja dapat menjadi langkah selanjutnya agar semangat bekerja kembali. Hal ini dapat membuat suasana menjadi lebih teratur dan rapih sehingga kita tidak merasa pusing atau terbebani denga pekerjaan yang akan dilakukan karena melihat meja kerja yang berantakan. Memiliki meja kerja yang rapih dapat memudahkan Anda dalam mengases dokumen atau menemukan alat kerja lainnya. Untuk menambah  motivasi dan semangat bekerja, Anda dapat meambahkan dekorasi sesuai selera Anda misalnya seperti tanaman, aroma terapi, atau bingkai foto.

4. Mumulai pelan-pelan serta tidak langsung lembur

Setelah menikmati libur lebaran yang cukup panjang, tentu sulit rasanya untuk memulai produktifitas seperti biasanya. Maka dari itu, mulailah secara perlahan dan tidak terburu-buru menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk sekaligus. Berikan diri Anda waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri. Hindari langsung lembur setelah libur panjang karea tubuh dan pikiran membuthkan waktu untuk pulih dari rutinitas libur panjang sebelumnya. cobalah untuk fokus membuat tubuh bugar kembali agar waktu ritme kerja kembali normal.

5. Istirahat yang cukup

Agar tubuh dan pikiran dapat menyesuaikan kembali dengan rutinitas kerja yang sibuk, Anda harus tetao memanfaatkan waktu istirahat dengan baik. Cobalah untuk melakukan aktifitas yang menyenagkan di sela-sela kesibukan bekerja, tidur yang cukup, atau menikmati waktu dengan kerabat, kolega ataupun keluarga. Dengan demikian semangat dan energi untuk kembali bekerja dapat pulih kembali pasca libur ebaran yang panjang. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut