get app
inews
Aa Read Next : Demi Kesejahteraan Rakyat Dunia, Jokowi Ajak PBB dan ASEAN Perkuat Kerja Sama

Perpesi Tuan Rumah Turnamen Golf yang Diikuti 128 Peserta dari Sembilan Negara ASEAN

Rabu, 08 Mei 2024 | 10:15 WIB
header img
Sekjen CASGA, Dato Shamsudin Ismail bersama para perwakilan Presiden Senior Golf negara-negara di ASEAN saat Intermediate General Meeting di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Selasa (7/5/2024) malam. Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG,iNews BandungRaya.id - Sebanyak 128 pegolf dari sembilan negara di ASEAN mengikuti turnamen golf yang digelar oleh Perhimpunan Pegolf Senior Indonesia (Perpesi).

Turnamen ini digelar di Jatinangor National Golf & Resort pada tanggal 7 Mei 2024. Kemudian di Parahyangan Golf Club, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada tanggal 8 Mei 2024.

Para peserta berasal dari negara Brunei Darusalam, Indonesia, Filippina, Singapore, Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, dan Myanmar. Mereka tergabung dalam Confederation Of ASEAN Senior Golfers' Associations (CASGA).

Ketua Perpesi Masrizal Syarief mengatakan, pascapandemi COVID-19 event-event golf kembali digelar. Hal itu seiring kecintaan terhadap olahraha ini serta dengan pertumbuhan pegolf senior dan junior yang terus bertambah di berbagai negara.

"Event-event golf yang dihadirkan memberi multiplayer efek pada ekonomi dan sektor pariwisata, itu pun bisa terjadi di sini," ucapnya di sela-sela CASGA Intermediate General Meeting di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Selasa (7/5/2024) malam.

Menurutnya olahraga golf saat ini memiliki potensi strategis untuk pengembangan Pariwisata. Contohnya ketika ada turnamen golf yang mendatangkan ratusan peserta pasti akan ada multiplayer efek pada ekonomi daerah sekitarnya.

"Mereka kan kalau habis turnamen pasti jalan-jalan, belanja, sehingga akan ada impact pada ekonomi. Inilah yang disebut golf tourism,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama Sekjen CASGA, Dato Shamsudin Ismail menyebutkan, program yang dilakukan CASGA khususnya di Indonesia adalah untuk mensupport program pemerintah dalam sektor wisata.

Semua negara-negara di ASEAN saling berkolaborasi untuk menjadikan golf sebagai sarana networking yang sangat efektif oleh para pemain golf.

Sehingga hal ini bisa mempererat hubungan di sesama negara, mengingat keanggotaan CASGA bukan perorangan melainkan perhimpunan pegolf senior di masing-masing negara.

“Olahraga golf juga bisa memberi dampak bisnis dan wisata, makanya kami dalam general meeting sepakat untuk membentuk Sekretariat CASGA ASEAN di Jakarta,” terangnya.

Sedangkan Presiden Senior Golf Thailand, Chadej Musigavong mengatakan, pihaknya akan menjadi tuan rumah dalam turnamen golf di Pattaya Oktober 2024 nanti.

Pihaknya mengundang para pegolf ASEAN untuk datang dan berharap bisa meningkatkan dampak golf pada ekonomi.

“Harapannya golf bisa meningkatkan kembali sektor ekonomi di ASEAN yang saat ini tengah lesu," kata dia. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut