get app
inews
Aa Read Next : Lembang Miliki Modern Market Pusat Sayur Buah dan Pangan, Hasil Petani Lokal

Idolakan Marc Marquez, Pembalap Muda Asal Lembang Merintis Asa ke Ajang MotoGP

Selasa, 14 Mei 2024 | 21:53 WIB
header img
Rakha Bima Saktiansyah (14) pembalap asal Lembang yang memperkuat Honda NWN SCK Racing Team, menargetkan tahun ini bisa berlaga di Asia Talent Cup sebagai upaya mewujudkan mimpi tampil di MotoGP. Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.id - Pembalap muda asal Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) merajut asa untuk dapat mewujudkan impiannya bisa tampil diajang MotoGP.

Hal itu menjadi target dari pembalap Rakha Bima Saktiansyah (14) yang saat ini memperkuat Honda NWN SCK Racing Team. Usai menjuarai ajang balap motor internasional MSBK 250 di Sirkuit Sepang, Malaysia, 10-12 Mei 2024.

Rakha berhasil tampil ciamik di sirkuit Sepang, Malaysia. Dia mampu naik podium sebagai juara pertama kejuaraan internasional balap motor MSBK di Sepang, Malaysia, dengan mengalahkan 29 pesaingnya dari berbagai negara seperti Kamboja, Malaysia, Thailand, Singapura, Cina, dan India.

Dia membuktikan kemampuannya dengan mencatatkan waktu 20'46:771s. Jauh meninggalkan lawannya di posisi kedua Md Naqib Rifqi Zulhelmi dari Malaysia dengan waktu 21'00:746s, serta posisi ketiga yang ditempati Mohd Farderin Iskandar dari Malaysia dengan waktu 21'03:725s.

"Saya baru pertama kali tampil di Sirkuit Sepang Malaysia, alhamdulillah bisa tampil bagus dan juara," ucapnya usai konvoi kemenangan dan disambut warga Lembang, KBB, setelah pulang dari Malaysia, Selasa (14/5/2024).

Menurutnya apa yang diraih berkat kerja keras, dukungan orang tua, dan latihan secara disiplin. Apalagi sebelum tampil di Sepang, Rakha setiap hari latihan 20 lap dan bersepeda 20 km setiap hari untuk menjaga kebugaran fisiknya saat berlangsungnya race.

Dia menargetkan tahun ini bisa masuk ke ajang Asia Talent Cup. Untuk itu pembalap yang mengidolalan Marc Marquez ini akan terus berlatih dan meningkatkan kemampuannya agar di setiap kejuaraan yang diikuti bisa naik podium.

"Target saya, Minggu depan bisa masuk 10 besar kejuaraan di Sirkuit Mandalika supaya tahun ini bisa masuk Asia Talent Cup," kata anak dari pedagang ayam di pasar Panorama Lembang, KBB ini.

Target itu bukanlah hal yang mustahil diwujudkan, mengingat Dorna Sports selaku pemegang hak MotoGP terus gencar menyaring para talenta muda dari berbagai negara. Seperti melalui program Road to MotoGP yang sudah dijalankan selama ini.

Road to MotoGP terdiri dari enam kejuaraan balap motor junior yang digelar di benua Eropa dan Asia. Enam ajang tersebut adalah Asia Talent Cup, MiniGP World Series, JuniorGP, Red Bull Rookies Cup, British Talent Cup, dan Northern Talent Cup.

Beberapa pembalap Indonesia yang sudah berhasil tampil diajang prestisius itu di antaranya, Fadillah Arbi Aditama, Veda Ega Pratama, Muhammad Kiandra Ramadhipa.

Nama Fadillah Arbi Aditama bahkan menjadi perhatian karena jadi rider pertama asal Indonesia yang memenangi JuniorGP tahun 2023. Dia juga sempat menjalani debut di Grand Prix Moto3 seri Mandalika Indonesia melalui jalur wildcard.

Pada kesempatan yang sama, Rian Saktian, ayah dari Rakha Bima, mengaku bangga terhadap prestasi anaknya. Dirinya berterima kasih kepada sponsor yang telah mendukung selama ini dan berharap sang putra bisa mewujudkan ambisinya untuk tampil di MotoGP.

"Dia (Rakha) sepertinya punya bakat alami, meski baru enam bulan di 43 Racing School tapi bisa belajar dengan cepat dan meraih juara. Sebagai orang tua tentu bangga dan akan terus mendukungnya dalam berbagai kejuaraan," tuturnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut