get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kesadaran Politik, IPMAKAB Ajak Generasi Muda Berperan Aktif dalam Pilkada 2024

Pentolan Viking: Sumedang Butuh Pemimpin yang Paham Anak Muda dan Peduli Dunia Olahraga

Kamis, 16 Mei 2024 | 16:51 WIB
header img
Ketua Umum PBSI Sumedang, Indra Jayaatmaja. (Foto: Ist)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Sejumlah nama-nama tokoh besar mulai menjadi perbincangan hangat masyarakat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Sumedang.

Salah satu tokoh muda yang santer diperbincangkan yaitu Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Sumedang, Indra Jayaatmaja. Dengan segudang pengalaman yang dimiliki, Indra diyakini mampu membawa kemajuan khususnya di bidang olahraga.

Ketua Viking Persib Club Distrik Sumedang, Hendri Darmawan mengatakan, saat ini Sumedang memiliki sejumlah permasalahan dari sisi kepemudaan. Mulai dari kurangnya ruang terbuka, sarana olahraga yang bisa dijadikan tempat berkumpul dan berkegiatan positif.

"Hari ini Sumedang butuh ruang tempat untuk pemuda bisa mengekspresikan kemampuannya, hari ini masih kurang. Bahkan sempat viral tawuran antar SMK, nah bagaimana caranya untuk mengurangi bahkan jangan sampai kejadian lagi, misalnya digiring temen-temen pemuda ini ke kegiatan yang lebih positif, misalnya olahraga," kata Hendri, Kamis (16/5/2024).

"Sumedang saat ini, masih minim sekali ruang terbuka untuk umum, untuk fasilitas olahraga. Coba di Sumedang ruang terbukanya disiapkan untuk lapangan olahraga misalnya, supaya ketika nongkrong juga bisa sambil olahraga. Daripada ke kegiatan negatif mending ke olahraga," tambahnya.

Oleh karena itu, kata Hendri, Sumedang membutuhkan sosok pemimpin muda yang sangat mengerti akan isu-isu kepemudaan. Sosok itu diyakini ada dalam diri Indra Jayaatmaja.

"Dari pengalaman udah pas dan mumpuni, kariernya luar biasa, apalagi di Jakartanya sekarang di Kemenpora, Kang Indra ini cocok. kalau Kang Indra betul siap maju dan menang, saya pikir Kang Indra akan lebih mudah memahami keinginan dari pemuda," ungkapnya.

Hendri mengungkapkan, sosok Indra Jayaatmaja diyakini mampu mewujudkan cita-cita pecinta olahraga di kota tahu, yaitu memiliki stadion besar dengan fasilitas penunjang yang lengkap.

"Dari dulu selalu berharap Sumedang punya stadion yang lebih representatif gapapa di Ujung Yaya, akses tol ada. Kalau misalnya Persib sulit dapat izin main di Bandung, kan bisa di sini, atau misalnya kalau kapasitas stadionnya lebih dari 50 ribu bukan tidak mungkin juga timnas bisa main di sini, secara akses tol ada, bandara dekat (BIJB)," tuturnya.

Selain untuk olahraga, kehadiran stadion juga dinilai mampu mendongkrak sisi ekonomi di Kabupaten Sumedang.

"Stadion itu bukan hanya 11 lawan 11, itu ngangkat juga nama Sumedang, dan kalau ada fasilitas di stadion Sumedang mumpuni itu akan berdampak pada sisi ekonomi juga," ucapnya.

Senada dengan Hendri, Sekretaris KONI Kabupaten Sumedang, Teteng Tarsidi mengatakan, sosok Indra Jayaatmaja dinilai tepat untuk membawa kemajuan di Kabupaten Sumedang, khususnya di bidang olahraga.

"Kalau menurut saya dia udah lama sebagai penggiat olahraga, sekarang ketua Pengcab PBSI, dia konsen untuk memajukan dunia olahraga. Buktinya dia sering mengadakan event di Sumedang. Jadi kalau menurut saya dia punya komitmen untuk memajukan dunia olahraga, dia ada potensi," beber Teteng.

Teteng menilai, Kabupaten Sumedang membutuhkan pemimpin yang konsen di dunia olahraga. Pasalnya, sarana prasarana olahraga di Kabupaten Sumedang masih sangat minim.

"Kurang itu dari sarana olahraga masih kurang, apalagi kalau setiap cabor gitu yah, di sumedang terbatas fasilitas perlu ditingkatkan," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut