get app
inews
Aa Read Next : Gempa Kabupaten Bandung, BPBD Sumedang Pastikan Wilayahnya Tidak Terdampak

Berkat Ryan Wibawa, Petani di Sumedang Banjir Permintaan Kopi Excelsa

Kamis, 16 Mei 2024 | 19:00 WIB
header img
Ilustrasi Petani Kopi. Foto: Koran Sindo

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bak ketiban durian runtuh, petani kopi di Kabupaten Sumedang kini banjir permintaan kopi Excelsa. Seperti yang dirasakan oleh petani kopi bernama Yoyok.

Yoyok mengaku, permintaan kopi Excelsa saat ini cukup banyak. Hal ini berkat Ryan Wibawa, seorang barista yang meraih peringkat tiga World Brewers Cup 2024 di Chicago, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Dalam ajang tersebut, Ryan Wibawa membawa tiga jenis kopi. Salah satu kopi yang disuguhkan adalah Excelsa dari Kabupaten Sumedang.

Yoyok mengaku, saat ini dirinya hanya mengelola lahan tanam kopi Excelsa seluas 2 hektare.

"Awalnya ada enam hektare setelah itu oleh yang punya dijual dan sekarang dua hektare. Sekarang kita bukan nambah lagi karena ini permintaan cukup lumayan," ucap Yoyok saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (16/5/2024).

Yoyok menyebut, ciri khas dari kopi Excelsa ini memiliki ukuran pohon yang cukup tinggi. Dari segi rasa, kopi Excelsa punya rasa sepet dan sedikit manis.

"Pohonnya tinggi besar dan panen paling terakhir kalau rasa sepet agak manis ini excelsa," ujarnya.

Sementara itu, Pengelola Kopi Prosesor, Rey menjelaskan, jenis kopi Excelsa ini berbeda dengan arabika dan robusta. Ia menyebut, kopi Excelsa ini masuk klasifikasi kopi liberika.

"Kebetulan kopi Excelsa ini peninggalan Belanda jadi pohon tinggi besar karakter beda dengan arabika dan robusta kalau dua itu mungkin 15 tahun selesai kita tanam ulang kalau excelsa makin besar produktifitas makin tinggi," jelasnya.

Selain itu, pengelolaan kopi Excelsa ini juga berbeda dengan kopi arabika dan robusta.

"Harus paham morfologi buah kopi untuk dapat excelsa cukup nikmat diminum atau bisa diterima harus melalui pendekatan proses panjang detail harus cek di teknis," ungkapnya.

Selain di Sumedang, Rey menyebut jenis kopi liberika ini juga ada di beberapa wilayah Jabar lainnya bangga hingga luar provinsi.

"Cililin, Kuningan ada kalau Garut tanaman baru liberika di luar itu Banten, Gunung Karang, Temanggung Gunung Muria, Padang dan Jambi juga ada," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut