get app
inews
Aa Read Next : Menangkan Pasangan Edun, Ketua DPW PKB Jabar Minta Guru Ngaji Diperhatikan

Golkar-PSI Bahas Kerja Sama Politik 'Sister Party' hingga Persiapan Pilkada 2024

Jum'at, 31 Mei 2024 | 15:53 WIB
header img
Pertemuan DPD Partai Golkar Jawa Barat dan DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jabar. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily menerima kunjungan silaturahmi Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jabar, Marshall Chandra beserta jajaran di Kantor DPD Golkar Jabar, Jl. Maskumambang No.2, Turangga, Kota Bandung, Jumat (31/5/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Golkar dan PSI membahas mengenai kerja sama politik. Termasuk dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Pada siang hari ini kami menerima kunjungan silaturahmi dari DPW PSI Jawa Barat dalam rangka tentu kita bertukar pikiran sebagai sesama partai yang kemarin berjuang dalam Koalisi Indonesia Maju terutama di Jawa Barat," ucap Ace.

"Kami telah menghasilkan kemenangan secara signifikan bagi kemenangan Prabowo-Gibran. Kami tentu ingin kerja sama ini terus kita tindaklanjuti," tambahnya.

Ace mengatakan, pertemuan yang sama juga dilakukan ditingkat pusat, antara DPP Golkar dam DPP PSI. Pertemuan itu membahas gagasan tentang Sister Party, dimana Golkar dengan PSI sebagai sesama partai yang bisa terus bekerja sama untuk di parlemen.

"Bahwa Partai Golkar yang alhamdulillah dalam Pemilu 2024 yang lalu, kita mendapatkan 19 kursi, PSI sendiri dapat 1 kursi, kita ajak bergabung dalam satu fraksi, yaitu fraksi Golkar dan PSI," ungkapnya.

"Tentu saya kira beliau nanti bisa menjawab apakah hal tersebut disetujui tentu dengan sangat senang hati jika kita bisa bersama-sama membangun satu fraksi di DPRD Provinsi Jawa Barat," tambahnya.

Menurutnya, Golkar dan PSI memiliki kesamaan cita-cita yang ingin menciptakan kesejahteraan di Jabar.

"Kalau misalnya kita sama-sama bersatu dalam satu fraksi dan tentu itu sesuatu yang sangat kuat. Jadi nanti fraksi Golkar dan PSI akan menjadi sesuatu kekuatan sama-sama 20 kursi dengan partai pemenang di Jawa Barat," katanya.

Terkait dengan Pilkada 2024, Ace mengatakan saat ini Golkar masih dalam tahap menuju survei yang kedua.

"Setelah kemarin melakukan survei pertama dan kita sudah punya data-data, dimana Partai Golkar mana saja yang akan didorong untuk menjadi bupati maupun wali kota," imbuhnya.

Sedangkan untuk Pilgub Jabar 2024, kata Ace, Golkar Jabar masih terus mendorong Ridwan Kamil untuk kembali maju di periode kedua.

"Untuk gubernur tadi kami sampaikan bahwa Golkar mendorong Pak Ridwan Kamil untuk menjadi Gubernur Jawa Barat kembali," ujarnya.

Oleh karena itu, Ace memastikan pertemuan dengan PSI ini akan terus ditindaklanjuti dengan kerja sama-kerja sama politik ke depan.

"Tentu ini semua masih terus ditindaklanjuti dengan survei-survei sekarang, jadi kami tentu mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh PSI DPW Jawa Barat ini," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Jabar, Marshall Chandra mengatakan, pihaknya akan banyak belajar kepada Partai Golkar yang telah mapan dalam dunia politik.

"Kedepannya juga kita banyak belajar dari partai yang udah senior, yang udah mapan, Partai Golkar. Kita bisa kita bisa bekerja sama di Fraksi Partai Golkar di DPRD Provinsi dan Kepala Daerah untuk tingkat Pilkada," katanya.

Terkait Pilgub Jabar 2024, kata Marshall, pihaknya akan kembali mendukung Ridwan Kamil seperti pada Pilkada 2019 lalu.

"Untuk Pilgub sendiri nanti kita akan koordinasi sama Partai Golkar bareng-bareng dan DPP. Belum ada banyak juga yang muncul (Cagub), tapi di 2019 itu PSI udah mendukung Pak Ridwan Kamil, mungkin di 2024 ini kemungkinan besar kita kembali mendukung Pak Ridwan Kamil," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut