get app
inews
Aa Read Next : Fokus Kembangkan Kopi dan Kakao Jawa Barat, Bey Apresiasi Pemkab Bandung  

Gandeng Juara Dunia Mikael Jasin, Herd Coffee Roaster Hadirkan The Neighborherd 1.0

Selasa, 11 Juni 2024 | 21:43 WIB
header img
Pemenang World Barista Championship 2024, Mikael Jasin di acara The Neighborherd 1.0. Foto: Istimewa.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id – Produsen industri kopi yang menawarkan biji kopi single origin dan kopi house blend berkualitas tinggi, herd Coffee Roaster, menghadirkan The Neighborherd 1.0.

Acara yang digelar selama dua hari di Experience Coffee Store SumthinElse by herd, Jl. Progo No.16, Citarum, Kota Bandung ini, menampilkan cara mengolah kopi spesial dan modern ala omakase dengan cita rasa Bold & Sweet khas herd Coffee Roaster. 

Pengolahan kopi ini dipraktikan langsung oleh Mikael Jasin, pemenang World Barista Championship 2024. Acara ini bertujuan memberikan pengalaman interaksi sosial dan berbagi pengetahuan seputar dunia kopi yang menginspirasi.

Founder herd Coffee Roaster, Andri Hardian mengungkapkan, The Neighborherd 1.0 merupakan wadah yang diciptakan untuk mengedukasi khalayak, tidak hanya spesifik tentang dunia kopi, tetapi segala hal yang berhubungan dengan kopi.

“Misalnya kuliner, coffee culture, maupun sharing session bersama berbagai komunitas, untuk menemukan kenyamanan unik dan pengalaman berbeda dalam menikmati kopi,” ucap Andri, Selasa (11/6/2024).

Andri mengatakan, digelarnya The Neighborherd 1.0 ini sejalan dengan visi herd Coffee Roaster untuk melanjutkan 3rd wave coffee culture di Bandung. 

"Budaya ini fokus pada kopi artisan yang melihat kopi sebagai seni dan ilmu untuk memberikan pengalaman sensorik mendalam bagi penikmatnya," ungkapnya.

Sejalan dengan konsep slow bar yang ‘seriusan santainya’ dari SumthinElse by herd, melalui pilihan kopi single origin dan house blend bercita rasa Bold & Sweet, seperti White Rabbit, Pink Panther, dan Black Sheep, serta suasana hangout lebih santai dan mindful, tetapi dapat menghasilkan sebuah ide kreatif yang serius. 
 
Rangkaian acara The Neighborherd 1.0 terdiri dari meet & greet, cupping session, dan seminar barista. 

Dalam sesi meet & greet dan Seminar Barista bersama Mikael Jasin, membagikan perjalanannya selama mengikuti 2024 World Barista Championship di Busan, Korea Selatan hingga menjadi barista kelas dunia. 

“Mikael Jasin, SumthinElse by herd, dan herd Coffee Roaster memiliki pandangan yang sama mengenai cara ngopi dengan mengedepankan suasana nyaman, rileks dan mindful, sebuah pengalaman sensorial tidak terlupakan. Kami juga berharap, melalui acara ini produsen kopi lokal dan coffee culture di Indonesia bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas,” beber Andri.
 
Dalam kesempatan ini, Mikael Jasin selaku pemenang World Barista Championship 2024 mengungkapkan bahwa untuk menjadi barista kelas dunia bukanlah perjalanan singkat. 

Bila diibaratkan, perjuangan Mikael untuk menjadi juara dunia merupakan maraton, bukan sprint. Perjalanan panjang ini perlu melewati checkpoint demi checkpoint untuk mencapai garis finish, yaitu dari kejuaraan lokal, nasional, hingga internasional. 
 
“Coffee culture di Indonesia semakin berkembang beberapa tahun belakangan ini. Sekarang ini minum kopi tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi sudah menjadi lifestyle. Kehadiran The Neigborherd 1.0 bisa menjadi wadah kolaborasi berbagai komunitas untuk belajar mengenai kopi serta memberikan pengalaman ngopi yang unik,” kata Mikael.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara kopi itu sangat unik, Indonesia merupakan negara produsen kopi yang juga konsumen.

“Tapi kita juga kita konsumsi, ada 10.000 kedai kopi ini kalau dibandingkan dengan negara produsen lainnya ga selalu begitu, karena negara produsennya kecil atau biasanya kopi itu langsung di eksport, gaada serapan,” imbuhnya.

Mikael mengatakan dengan seiring berkembangnya ekonomi indonesia, middle class nya bertambah. Ada trend es kopi susu, ada trend ngopi yang cantik-cantik, jadi segmen kopinya banyak. 

Tidak hanya itu, kata Mikael, serapannya juga banyak, sekarang karena ada apresiasi kopi lebih tinggi, ada barista championship, ada kejuaraan yang menghargai kopi lebih tinggi. 

“Jadi karena ada apresiasi kopi ini, serapan kopi di indonesia itu dari semua level itu ada, dari level yang paling tinggi sampai level-level yang sisa-sisa setelah disortasi juga ada,” ujarnya.

“Itulah yang membuka peluang bagi banyak sekali bisnis, kalau di Jabar salah satunya herd yang membuka kesempatan untuk bisa menangkap peluang yang industri nya sedang berkembang,” tandasnya.

Acara dilanjutkan dengan cupping session, di mana para peserta bisa mendapatkan berbagai pengalaman, mulai dari menjelajahi cita rasa kopi yang unik, membeli biji kopi berkualitas tinggi untuk dinikmati sendiri di rumah, hingga memperdalam pengetahuan mereka tentang kopi melalui kelas yang tersedia.
 
Selain itu, terdapat private session omakase bersama Mikael Jasin. Pada sesi ini, Mikael menghadirkan kreasi khusus dari tiga blend kopi yang dibuat dengan biji premium Colombia Aji Bourbon.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut