get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Siaran Langsung dan Head to Head Zhejiang Vs Persib

Jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2024 dan Keutamaannya

Jum'at, 12 Juli 2024 | 22:45 WIB
header img
Jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2024. (Foto: Pixabay)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bulan Muharram memiliki hari-hari yang sangat mulia bagi umat Islam. Di antaranya, ada dua amalan khusus yang sangat dianjurkan, yaitu puasa pada hari Tasua dan Asyura, atau puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Amalan ini memiliki dasar yang jelas dari hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a.

“Bahwa orang-orang Quraisy pada zaman Jahiliah sudah melakukan puasa Asyura. Kemudian, Rasulullah SAW memerintahkan agar tetap melaksanakan puasa Asyura hingga diwajibkannya puasa Ramadan. Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang ingin melakukan puasa Asyura, silakan, dan barang siapa yang tidak ingin melakukannya, silakan berbuka,” bunyi hadis tersebut.

Hadis lain yang diriwayatkan Ibu Abbas r.a. menyebutkan dasar puasa Tasua.

“Bahwa ketika Rasulullah SAW berpuasa pada hari Asyura dan menyuruh para sahabat juga berpuasa, mereka berkata Wahai Rasulullah, hari Asyura itu adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Maka Rasulullah SAW bersabda Kalau demikian, Insya Allah tahun depan kita berpuasa [juga] pada hari yang kesembilan,” bunyi hadis tersebut.

“Tetapi sebelum datang tahun depan yang dimaksud, Rasulullah SAW telah wafat,” lanjutnya.

Berdasarkan kriteria Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT), awal bulan Muharram 1446 H jatuh pada Minggu (7/7/2024). Oleh karena itu, umat Islam dapat melaksanakan puasa Tasua dan Asyura pada 9 dan 10 Muharram yang jatuh pada Senin dan Selasa (15-16/7/2024).

Puasa Tasua dan Asyura bukan hanya sekadar ibadah rutin, tetapi juga sebagai wujud rasa syukur dan takwa kepada Allah SWT.

Melaksanakan puasa ini berarti umat Islam diingatkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan serta memperbanyak amalan-amalan kebaikan di bulan yang Muharram mulia ini.

Berikut keutamaan menjalankan ibadah puasa Tasua dan Asyura:

1. Menghapus dosa satu tahun lalu

Bagi umat Islam yang berpuasa pada hari asyura, maka baginya akan dihapuskan dosa selama satu tahun yang sudah berlalu. Keutamaan puasa ini tertuang dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah berikut: "Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari asyura, lalu beliau menjawab: 'Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat'."

2. Puasa paling utama setelah Ramadhan

Puasa pada bulan Muharram merupakan puasa paling utama setelah puasa Ramadhan. Keutamaan tersebut sebagaimana tertuang dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah berikut: Rasulullah saw bersabda: "Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam."

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut