get app
inews
Aa Read Next : Menangkan Pasangan Edun, Ketua DPW PKB Jabar Minta Guru Ngaji Diperhatikan

PKB Tunjuk Acep Adang Ruhiat Jadi Bacawagub Jabar, Jamin Parpol Lain Rugi Jika Tak Ambil

Senin, 29 Juli 2024 | 11:38 WIB
header img

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat resmi menunjuk Acep Adang Ruhiat sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jabar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Penunjukan Acep Adang Ruhiat ini diumumkan langsung oleh Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda di kantor DPW PKB Jabar, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Senin (29/7/2024).

Huda mengatakan, PKB secara resmi sudah menunjuk dan menyerahkan surat rekomendasi kepada Acep Adang Ruhiat sebagai Bacawagub Jabar 2024.

"Nama yang sudah direkomendasikan oleh DPP untuk maju sebagai calon wakil gubernur adalah KH Acep Adang Ruhiat, Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jabar," ucap Huda.

Huda menyebut, ada berbeda alasan PKB lebih memilih mengusung calon wakil gubernur dibanding gubernur. Menurutnya, keputusan itu didapat dari hasil diskusi DPP PKB dengan berbagai pihak seperti para ulama dan partai politik di Jabar.

"Kami akan mengambil posisi mengusung sebagai wakil gubernur. Hasil diskusi kami dengan parpol dan pendapat dari pondok pesantren, ajengan dan tokoh di Jabar untuk supaya mendorong posisi wakil gubernur," katanya.

Huda menjelaskan, Acep merupakan Ketua Yayasan Ponpes Cipasung di Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, Acep juga sudah berkiprah di legislatif, mulai dari DPRD hingga DPR RI.

"Sekaligus beliau sekarang menjabat sebagai Anggota DPR RI di Komisi X, sebelumnya Anggota DPRD Jabar 2 periode. Dari pengalaman, background beliau, insya Allah mencukupi untuk maju di Pilgub Jabar," jelasnya.

Huda menilai, dari kelengkapan kebutuhan figur-figur yang sekarang muncul sebagai calon gubernur, mereka tidak memiliki latar belakang sebagai representasi keagamaan.

Oleh karena itu, pihaknya pun optimistis dengan penunjukan Acep sebagai Bacawagub Jabar 2024. Dia juga menjamin, sosok Acep ini akan sangat cocok dipasangkan dengan siapapun.

"Semuanya cocok dipasangkan dengan K.H Acep Adang. Siapapun yang tidak mengambil Kang Acep Adang akan Rugi," tegasnya.

Sementara itu, Acep merasa bersyukur dan terhormat mendapat kepercayaan dari PKB sebagai Bacawagub Jabar 2024.

"Alhamdulillah pada kesempatan ini mendapatkan penugasan sekaligus kehormatan dan juga kepercayaan yang luar biasa untuk membantu gas sebagai bakal calon wakil gubernur Jawa Barat," ucap Acep.

Acep mengaku, dirinya tidak pernah menyangka bakal ditunjuk PKB sebagai Bacawagub Jabar 2024. Sebab, awalnya ia hanya akan mencalonkan diri di tingkat kabupaten kota.

"Sebetulnya saya agak kaget, diluar dugaan saya, saya tadinya akan berangkat di tingkat lokal, di kabupaten kecil-kecilan," akunya.

"Tapi sekarang mendapatkan tugas yang luar biasa menjadi bakal calon wakil gubernur Jawa Barat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)," tambahnya.

Acep menilai, penunjukannya sebagai Bacawagub Jabar 2024 menjadi tanggung jawab bersama para kader PKB di Jabar untuk sama-sama memenangkan Pilkada 2024.

"Tentu ini sesuatu yang menjadi tugas kita, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk seluruh pengurus baik di Pusat, Provinsi, Daerah juga harus bersama-sama bagaimana ini mensukseskan apa yang diamanatkan kepada saya," katanya.

Terkait gerak langkah ke depan, Acep mengakatan dirinya akan langsung membangun silatuhrami ke daerah-daerah dengan mengunjungi para ulama hingga tokoh-tokoh masyarakat.

"Kami akan melakukan kegiatan silaturahmi daerah yang ada di Jawa Barat, dalam rangka mendekati para kiai, para ulama dan juga tokoh-tokoh masyarakat yang lain termasuk pada ormas-ormas yang lain di dalam kerangka bagaimana bersama-sama membangun sinergi di dalam rangka membangun Jawa Barat ke depan lebih baik," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut