get app
inews
Aa Read Next : Berlatar Belakang Santri, Unjang Asari Terus Lakukan Sosialisasi ke Kalangan Pesantren

Ditunjuk PKB Jadi Bacawagub Jabar, Ini Profil dan Karier Politik Acep Adang Ruhiat

Senin, 29 Juli 2024 | 14:11 WIB
header img
Bacawagub Jabar 2024 dari PKB, Acep Adang Ruhiat. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Acep Adang Ruhiat telah resmi ditunjuk Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jabar 2024.

Hal itu ditandai dengan penyerahkan surat rekomendasi yang diberikan langsung oleh Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda kepada Acep Adang Ruhiat di kantor DPW PKB Jabar, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Senin (29/7/2024).

Acep mengaku, dirinya tidak pernah menyangka bakal ditunjuk PKB sebagai Bacawagub Jabar 2024. Sebab, awalnya ia hanya akan mencalonkan diri di tingkat kabupaten kota.

"Sebetulnya saya agak kaget, diluar dugaan saya, saya tadinya akan berangkat di tingkat lokal, di kabupaten kecil-kecilan," ucap Acep.

"Tapi sekarang mendapatkan tugas yang luar biasa menjadi bakal calon wakil gubernur Jawa Barat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)," tambahnya.

Meski begitu, Acep tetap merasa bersyukur dan terhormat mendapat kepercayaan dari PKB sebagai Bacawagub Jabar 2024.

"Alhamdulillah pada kesempatan ini mendapatkan penugasan sekaligus kehormatan dan juga kepercayaan yang luar biasa untuk membantu gas sebagai bakal calon wakil gubernur Jawa Barat," katanya.

Lantas, bagaimana profil dan karier politik Acep Adang Ruhiat? Berikut ulasannya.

Acep Adang Ruhiat merupakan pria kelahiran Tasikmalaya pada 1 Agustus 1958. Dia menyelesaikan pendidikan SMA di SMA Islam Cipasung pada 1976.

Setelah itu, Acep melanjutkan pendidikannya di Universitas Siliwangi Taksimalaya sejak 1977-1981. Kemudian, Acep menempuh program magister di Universitas Garut yang diselesaikannya pada 2000.

Setelah lulus, Acep banyak mengikuti organisasi yang berada di Tasikmalaya seperti DPD KBPI Kabupaten Tasikmalaya sebagai wakil ketua, MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya sebagai wakil ketua, PC GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya sebagai ketua, KTMU PWNU Jawa Barat sebagai ketua.

Kemudian, Acep melebarkan sayapnya di ranah politik dengan bergabung ke PKB. Pada 2008, Acep diamanahi menjadi Ketua Dewan Tahfidz PKB Kabupaten Tasikmalaya. Hanya butuh waktu tiga tahun bagi Acep untuk menduduki posisi Ketua Dewan Syuro DPC PKB Tasikmalaya.

Setelah itu, Acep mendapat kepercayaan menjadi Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jawa Barat pada 2021. Tak hanya itu, Acep juga menjabat sebagai anggota Dewan Syuro DPP PKB sejak 2020 hingga 2025.

Selain itu, Acep juga bertugas di Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mewakili daerah pemilihan Jawa Barat XI. Acep telah menjabat sebagai anggota DPR-RI selama dua periode, yakni pada 2014–2019 dan 2019–2024.

Kader PKB ini juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Jabar sejak 2009 hingga 2014.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut