get app
inews
Aa Read Next : Semarakan HUT ke-79 RI, Transaksi Obligasi di bank bjb Dapat Cashback Jutaan Rupiah

HUT ke-79 RI, Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Kawah Gunung Ciremai

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 13:50 WIB
header img
Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Kawah Gunung Ciremai. (Foto: Ist)

KUNINGA, iNewsBandungRaya.id - Organisasi Pendaki Gunung, TRAMP berhasil mengibarkan bendera merah putih raksasa di kawah Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan saat upacara HUT ke-79 RI, Sabtu (17/8/2024).

Selain bendera merah putih raksasa, bendera TRAMP dan bendera Kabupaten Kuningan juga ikut berkibar di Puncak Gunung Ciremai yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Puji syukur beberapa orang anggota kita telah berhasil mengibarkan bendera merah putih berukuran 6x9 meter di tebing kawah Gunung Ciremai bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-79," ucap Ketua Harian TRAMP, Alfira Naftaly Pangalila dalam keterangannya.

Gunung Ciremai disebut sebagai atap Jabar karena memiliki predikat sebagai gunung tertinggi. Selain paling tinggi, Gunung Ciremai juga sulit didaki karena jalurnya terbilang ekstrim dan cuacanya cepat berubah-ubah. 

"Pengibaran bendera raksasa di kawah Gunung Ciremai ini dilakukan dengan upacara yang berjalan dengan khidmat," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Umum TRAMP, Julianto Wibowo mengucapkan terima makasih kepada Pemkab Kuningan dan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan yang telah membantu dalam kegiatan ini dengan izin khusus dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). 

"Kami bersyukur dan merasa terhormat bisa kembali diterima di sini oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan karena TRAMP mengangap Kabupaten Kuningan khususnya Gunung Ciremai sebagai rumah kedua kami, tempat melatih mental serta skill anggota-anggota TRAMP dalam berkegiatan di gunung hutan," kata Iyan, sapaan akrabnya.

Iyan menjelaskan, setelah sukses dilakukan pada tahun 2021 silam, pengibaran bendera merah putih raksasa di kawah Gunung Ciremai akan menjadi agenda rutin TRAMP setiap perayaan HUT Republik Indonesia. 

"Momentum pengibaran bendera Merah Putih di Kawah Gunung Ciremai ini akan menjadi sebuah 'legacy' dan dengan kegiatan ini TRAMP ingin membangkitkan rasa nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda penerus bangsa," ungkapnya.

Kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa dalam rangka peringatan HUT ke-79 RI oleh TRAMP tersebut mendapatkan apresiasi dan atensi dari Pemkab Kuningan, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Tony Anwar dan Kepala BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana. 

Pj Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat pun berkesempatan melepas keberangkatan tim pengibaran bendera merah putih raksasa di kawah Gunung Ciremai dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI, di Pendopo Kabupaten Kuningan pada Kamis (15/8/2024). 

Iip mengaku optimistis jika TRAMP akan mampu mengibarkan bendera merah putih di kawah Gunung Ciremai. Sebab, di usia organisasi yang matang, TRAMP diyakini memiliki pengalaman yang cukup untuk menjalani misi tersebut. 

Selain itu, dengan perencanaan yang matang dan ketersediaan alat-alat penunjang serta SDM yang mumpuni untuk menuruni tebing kawah Gunung Ciremai yang terbilang sangat berbahaya, TRAMP akhirnya diberikan izin khusus oleh pihak TNGC.

"Saya mengapresiasi bahwa ternyata TRAMP ini lahir tahun 1975, hampir 50 tahun dan pasti TRAMP memiliki pengalaman yang sudah luar biasa bisa. Buktinya bisa bertahan sampai hari ini artinya sudah jadi organisasi dengan akar yang kuat," kata Iip.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut