get app
inews
Aa Read Next : 1.432 Mahasiswa Baru Itenas Resmi Dikukuhkan, Rektor Tekankan Pentingnya Pendidikan

Jawab Tantangan Era Digital dan Perluas Akses Pendidikan, Edulab Luncurkan 3 Produk Baru

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 14:31 WIB
header img
Edulab menggelar Rakernas 2024 sekaligus rencana peluncuran tiga produk inovatif di Hotel Jayakarta, Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung. (FOTO: AGUS WARSUDI)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Edulab, lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia, meluncurkan tiga produk baru, yaitu, Velocity, Rise, dan Goals. Ketiga produk baru itu diluncurkan untuk memperluas dan mempermudah akses pendidikan bagi masyarakat.

CEO Edulab Oki Earlivan mengatakan, Edulab selama ini dikenal sebagai lembaga bimbingan belajar ((Bimbel) bagi siswa SD, SMP, dan SMA, kelas I sampai XII. Sementara, saat ini banyak aplikasi digital layanan pendidikan, namun Edulab akan mengambil angel atau perspektif berbeda.

Karena itu, kata Oki, Direktorat Digital Business Edulab tahun ini segera meluncurkan tiga produk baru yang dapat menangkap berbagai segmen. Rencananya, tiga produk baru tersebut diluncurkan pada September 2024.

"Contohnya Velocity, tetap untuk segmen kelas 1 sampai 12, karena Edulab sudah 17 tahun berdiri dan punya ratusan ribu konten. Semua itu kami jadikan produk online seperti try out. Selain itu, Velocity juga diperuntukkan bagi pelamar CPNS. Mereka bisa menggunakan produk Velocity untuk mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi CPNS," kata Oki di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 di Kota Bandung, Sabtu (17/8/2024).

Produk kedua, ujar Oki, yaitu Rise, sebuah aplikasi untuk meningkatkan level Bahasa Inggris, seperti TOEFL, ITEALS, dan sebagainya. Kemahiran Bahasa Inggris ini dibutuhkan oleh mahasiswa S1 dan S2.

"Dalam produk ini, kami memberikan pelatihan Bahasa Inggris dalam bentuk online dan live class. Kemudian, gurunya live dari luar negeri, jadi tidak di Indonesia dan itu yang membuat kelebihan kita karena akan langsung berhubungan dengan bule-bule (native speaker) di luar negeri," ujar Oki.

Kemudian, tutur Oki, produk ketiga adalah Goals. Dalam produk aplikasi ini, Edulab bekerja sama dengan perguruan tinggi. Lewat Goals, Edulab memasarkan program universitas untuk seluruh masyarakat Indonesia secara online.

"Jadi kalau seandainya ada yang berminat kuliah di Jawa, mereka yang ada di Sumatera (atau daerah lain di luar Pulau Jawa) tidak harus datang ke Jawa. Mereka bisa mendapatkan perkuliahan secara online dan juga lebih murah," tutur Oki.

Nanti, kata Oki, mahasiswa kuliah secara online di tempat asalnya dan biaya bisa dicicil. Sehingga Goals memudahkan masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi. Di aplikasi Goals, banyak kampus yang bisa dipilih.

"Kami ingin kerja sama dengan semua kampus di setiap kota sehingga kampus-kampus tersebut teroptimalisasi. Selama ini, kampus-kampus swasta bagus tapi tidak dikenal masyarakat, terutama di luar Pulau Jawa. Lewat Goals, kampus swasta bisa lebih dikenal," ucap CEO Edulab.

"Kami inginnya setiap kampus itu kerja sama dengan kami karena menguntungkan buat kampus, program mereka dipasarkan oleh kami," ujar Oki.

Di Bandung, tutur Oki, Edulab tengah menjajaki kerja sama dengan delapan kampus delam program Goals. Antara lain, Universitas Widyatama, Unisba, Unikom, Tel-U, dan Unpar. "Jurusannya tergantung kampusnya. Mau ngasihnya jurusan apa saja," tuturnya.

Ditanya tentang izin penyelenggaraan Goals dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendibud Ristek), CEO Edulab menegaskan, Edulab tidak menyelenggarakan perkuliahan. Yang menyelenggarakan pendidikan kampus perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Edulab.

"Edulab hanya operator, jadi tidak menyelenggarakan pendidikan. Prinsipnya kami ingin kampus swasta itu dikenal, diberdayakan dan bisa diakses orang-orang. Untuk saat ini, kami menjajaki kampus-kampus di Jakarta dan Bandung," ucap CEO Edulab.

Oki Earlivan menyatakan, Velocity, Rise dan Goals merupakan bagian dari transformasi Edulab dalam menghadapi dinamika industri pendidikan dan tantangan era digital.

Produk baru ini mengusung visi lebih segar dan relevan dengan kebutuhan para pelajar masa kini, dengan tetap mempertahankan nilai-nilai inti Edulab yang telah dikenal luas.


CEO Edulab Oki Earlivan memberikan keterangan terkait tiga produk baru Edulab, yaitu, Velocity, Rise, dan Goals yang segera diluncurkan pada September 2024. (FOTO: AGUS WARSUDI)

"Velocity, Rise, dan Goals adalah wujud dari upaya kami untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi para pelajar. Kami percaya bahwa dengan transformasi ini, Edulab akan semakin mampu menginspirasi dan mendampingi generasi muda Indonesia dalam meraih cita-cita mereka," tandas Oki.

Sementara itu, Edulab menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 selama dua hari, sejak Jumat hingga Sabtu (16/17/8/2024) di Hotel Jayakarta, Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung. 

Kegiatan tahunan ini menjadi momentum penting bagi Edulab untuk merumuskan strategi dan rencana kerja dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan di seluruh Indonesia. 

Dalam rakernas, CEO Edulab Oki Earlivan menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi untuk menjawab tantangan pendidikan di era digital. 

"Rakernas kali ini menjadi wadah bagi kita semua untuk berkomitmen pada peningkatan mutu layanan dan pengembangan program pendidikan yang adaptif dan inklusif," ujar Oki.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut