get app
inews
Aa Read Next : WExcited Fest 2024 Sukses Digelar, Berikan Semangat Pada Perempuan Kota Bandung

BYD M6 Hadir dengan Teknologi Canggih dan Fitur Keselamatan Terbaru: Uji Performa di Rute Bandung

Senin, 09 September 2024 | 23:50 WIB
header img
Test Drive BYD M6 di Kota Bandung. Foto: Istimewa.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - PT BYD Motor Indonesia memperkuat komitmennya untuk mengembangkan pasar kendaraan listrik di Indonesia dengan memperkenalkan BYD M6, medium MPEV pertama di Indonesia, melalui acara Media Test Drive eksklusif di Kota Bandung.

Langkah ini juga menandai upaya BYD menembus pasar regional Jawa Barat. Kota Bandung dipilih setelah Jakarta, Surabaya, dan Semarang karena keunikan serta kekayaan kotanya yang khas. 

Sebagai ibu kota dan pusat ekonomi serta budaya Jabar, Kota Bandung dikenal dengan keramahan, seni, kuliner, serta iklim sejuk yang menjadikannya salah satu destinasi favorit baik wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Test drive dengan rute Bandung-Cikole-Bandung, melewati dan mengunjungi tempat-tempat ikonik yang memberikan pengalaman kearifan budaya dan alam Jabar. Perjalanan menempuh jarak sekitar 120 km, menguji performa dan kenyamanan BYD M6 dalam berbagai kondisi jalan. 

Kontur jalan Bandung yang beragam, dari dataran tinggi hingga jalanan kota, menjadi tantangan ideal bagi BYD M6 untuk membuktikan kemampuannya mengangkat pengalaman berkendara harian ke tingkat lebih tinggi. 

Fleksibilitas BYD M6 dalam menghadapi berbagai kondisi jalanan menjadikannya pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan mobilitas harian maupun perjalanan liburan. 

Head of PR and Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan mengatakan, BYD M6 hadir untuk menjadi jawaban dari dinamika berkendara untuk segala aktifitas di Bandung.

“Kami percaya bahwa BYD M6 dapat memberikan solusi juga pengalaman berkendara yang lebih baik dan nyaman bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya, sekaligus memperkuat komitmen kami untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan di Indonesia,” ujar Luther Panjaitan.

Disinggung terkait strategi market BYD, Luther mengatakan, pada tahap awal ini BYD M6 sudah masuk ke kota-kota besar terlebih dahulu.

“Tetapi kami pikir pada akhirnya memang perlu ada satu gerakan kalo kita visinya adalah Pengembangan keberlanjutan artinya sensibility dan enforcement kita harus jadi orang yang pioner. Makanya kami open di Makassar, Malang, Bali serta Balikpapan semua kami buka dalam waktu serentak hanya tidak lebih dari 2 minggu,” paparnya.

Luther menilai, itu semua memiliki challenging secara kondisi market juga sehingga pihaknya merasa bahwa pada akhirnya BYD perlu menunjukan dulu eksistensinya di kota-kota tersebut. 

“Jadi saya tidak mau membahas dari sisi angka namun, yang saya highlight justru acceptance dari BYD M6 bagaimana mampu menjadi most driven cars di Kias dengan jumlah total 1.900 unit kegiatan test drive terhadap suatu produk itu saja,” ujanya.

“Kemarin kita ikut di Kias Surabaya ternyata BYD M6  mendapatkan most driven cars juga, memang yang paling tinggi antusias pengetesan nya,” sambungnya.

Lanjut, kata Luther, BYD M6 ini cukup menjawab beberapa kebutuhan warga, pihaknya tetap memantau hasil secara penjualan di digental kita tetap report signifikan naik.

Sementara itu, menjawab terkait kekhawatiran masyarakat Indonesia terhadap batre, Luther mengatakan, sebelum dicoba di Indonesia, di beberapa negara khususnya di China BYD M6 sudah menjadi pemain pioneer utama. 

“Satu hal yang pasti yang kami lihat adalah di negara-negara tersebut bisa dibilang hampir tidak ada lagi kekhawatiran soal batre dari sisi penggunaan, perawatan, kerusakan dan penyajian,” ujarnya.

Hal ini dikarenakan, dalam industri Electric Vehicle, batre menjadi komponen utama dan itu menjadi hal pertama yang harus diselesaikan dalam konsen apa saja, termasuk safety, durability.

“Secanggih apapun mobilnya, sekeren apapun desainnya kalau baterainya tidak mampu menjawab persoalan tersebut soal safety, keamanan, jarak, efelibility pasti nonsense dan spesifik kepada baterainya dalam rangka dalam soal harga, sebenarnya tidak perlu khawatir lagi karena kita sudah memberikan quaranty selama 8 tahun,” paparnya.

8 tahun itu adalah masa yang cukup panjang karena kalau melihat rata-rata penggunaan kendaraan di Indonesia ya mungkin 5 tahun keatas itu mungkin sudah berganti kepemilikan. 

Selain itu, Luther mengatakan, kerusakan-kerusakan baterai itu juga sudah terukur dapat dihitung dengan SOH.

“Kami pada saat ini tidak bisa menjanjikan, tapi dami bisa menceritakan bagaimana pengalaman kami di bluebird, bagaimana daya baterai BYD itu sudah dialami oleh taxi terbesar indonesia yang dimana mereka menggunakan produk baterai BYD selama 5 tahunan dengan penggunaan hv duty dengan jarak 650.000KM ke atas dan kondisi baterai nya masih sehat dan tidak perlu digantikan,” ujarnya.

BYD M6 : Revolusi Perjalanan Keluarga Indonesia

Hadir dalam tiga varian; M6 Standard, M6 Superior, dan M6 Superior Captain, masing-masing menawarkan fitur unik untuk memenuhi berbagai kebutuhan berkendara. BYD M6 menampilkan desain Dragon Face elegan aerodinamis, dengan bagian depan ramping untuk mengoptimalkan aliran udara. 

Desain ini mencerminkan kesederhanaan dan keanggunan estetika generasi baru BYD, dengan memperhatikan ketelitian detail yang tidak lekang oleh waktu.

Kokpit cerdas BYD M6 menampilkan konsol tengah dengan head shift berbentuk bola modern dan elegan. Layar berputar 12,8 inci menjadi asisten pintar selama perjalanan, keunikannya terletak pada kemampuannya untuk berputar 90 derajat, memberikan fleksibilitas penggunaannya baik dalam mode lanskap maupun potret. 

Sistem infotainment seperti Apple Carplay dan Android Auto juga fitur bluetooth memungkinkan pengemudi mengintegrasikan smartphone dengan mudah. Berbagai fitur modern ini memberikan sentuhan elegan sekaligus meningkatkan kenyamanan berkendara secara menyeluruh. 

M6 Standard memiliki konfigurasi tujuh seater dengan kursi yang dapat disesuaikan secara elektrik dan manual. M6 Superior menambahkan fitur panoramic sunroof dan ventilasi kursi depan, sementara M6 Superior Captain menawarkan konfigurasi enam seater dengan captain seat di bagian tengah. 

Peningkatan kualitas pada captain seat dengan desain ergonomis sepenuhnya sesuai lekuk tubuh manusia. Kursi depan memiliki bantalan lebih lebar dan lebih panjang untuk pengalaman mengemudi lebih nyaman. 

Dilengkapi pula dengan area bagasi luas dan kursi lipat cerdas menciptakan area muatan yang benar-benar datar, menjadikan BYD M6 pilihan ideal untuk perjalanan keluarga.

BYD M6 menetapkan standar baru dalam keselamatan kendaraan melalui teknologi blade battery yang revolusioner. Tidak hanya sekedar sumber daya, blade battery telah dirancang dan diuji secara ketat untuk memastikan keamanan penumpang dalam berbagai kondisi. 

Blade battery sudah melewati nail penetration test dan berhasil untuk tidak mengeluarkan asap ataupun terbakar. Memiliki ketahanan suhu mencapai 30 hingga 60 °C, baterai ini juga telah lulus pengujian kondisi ekstrim lainnya tanpa menyebabkan kebakaran atau ledakan, sehingga dapat menjamin keamanan pengguna. 

Keunggulan keselamatan BYD M6 seperti 6 airbags di bagian depan dan samping, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), dan Anti-Lock Braking System (ABS), menunjukkan komitmen BYD untuk melindungi penumpangnya dan memberikan pengalaman berkendara yang aman. 

Kombinasi fitur keselamatan aktif dan pasif ini bekerjasama untuk mengurangi risiko kecelakaan dan meminimalkan keparahan cedera jika terjadi tabrakan. 

Dengan blade battery, BYD M6 memberikan ketenangan pikiran bagi pengemudi dan penumpang. Keamanan bukan lagi sekadar fitur tambahan, melainkan inti dari desain kendaraan ini. BYD berkomitmen untuk terus berinovasi dalam teknologi baterai, menjadikan setiap perjalanan seaman dan senyaman mungkin.

Keunggulan lain dari BYD M6 adalah kemampuan pengisian daya yang cepat. Dengan kapasitas pengisian daya DC 170kW, M6 mampu mengisi daya hanya dalam 30 menit, dari keadaan 30% hingga 80% (SOC), memberikan tambahan daya yang memadai untuk kemudahan dan kenyamanan maksimal. 

Dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hiburan keluarga Indonesia, BYD M6 dilengkapi dengan fitur-fitur seperti touch screen di dashboard memudahkan penumpang mengakses fitur hiburan, sistem audio berkualitas dengan speaker di seluruh kabin memberikan pengalaman mendengarkan musik ataupun menonton film yang imersif, serta sistem VTOL (Vertical Take-Off Landing) dilengkapi sistem perlindungan untuk mencegah situasi berbahaya seperti korsleting atau kebakaran.

BYD M6 hadir dalam empat varian warna: Crystal White, Quartz Blue, Cosmos Black, dan Harbour Grey. Kendaraan ini tidak hanya menyediakan interior lapang dan multifungsi, tetapi juga kontribusi terhadap lingkungan dengan energi lebih bersih dan ketenangan berkendara, meningkatkan pengalaman perjalanan keluarga secara menyeluruh.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut