get app
inews
Aa Read Next : Bojan Hodak: Persib Siapkan Kejutan untuk Port FC meski Tanpa David Da Silva

Jelang Hadapi Port FC di ACL 2, Intip Jejak Prestasi Persib di Kompetisi Asia

Selasa, 17 September 2024 | 18:35 WIB
header img
Pemain Persib. Foto: Dok. Persib

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Persib Bandung akan memulai perjuangannya di Grup F AFC Champions League Two (ACL 2) dengan menghadapi klub Thailand, Port FC di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Kamis (19/9/2024).

Bagi Persib, ini bukan kompetisi Asia pertama. Sebelumnya, Pangeran Biru pernah tampil di Piala Champions Asia 1995/1996 dan PIala AFC 2015. 

Bukan hanya berpartisipasi, dalam dua kompetisi Asia tersebut, Persib meninggalkan jejak prestasi yang cukup mengesankan.

Di Piala Champions Asia 1995/1996, Persib yang tampil sebagai juara Liga Indonesia 1994/1995, mengawali debutnya di kompetisi Asia. Hasilnya, Robby Darwis dan kawan-kawan, secara mengejutkan mampu menembus perempat final.

Persib melaju ke perempat final setelah menyingkirkan Bangkok Bank (Thailand) dan Pasay City FC (Filipina) di putaran pertama dan kedua. 

Di putaran pertama, tim asuhan Indra M. Tohir menyingkirkan Bangkok Bank dengan agregat 2-1, berkat kemenangan 2-0 di Stadion Universitas Chulalongkorn dan kalah 0-1 di Stadion Siliwangi Bandung.

Melaju ke putaran kedua, Persib menggasak Pasay City FC pada pertandingan kandang dan tandang dengan skor 3-1 dan 2-1 untuk memastikan tiket ke perempat final. 

Di babak 8 Besar, Persib harus bersaing dengan tiga raksasa Asia, Thai Farmers Bank (Thailand) yang merupakan juara bertahan, Verdy Kawasaki (Jepang), dan Ilhwa Chunma (Korea Selatan).

Dipercaya menjadi tuan rumah, Persib menghadapi ujian berat. Kendati selalu mencetak gol dalam setiap pertandingan, langkah Persib terhenti di perempat final setelah dikalahkan Verdy Kawasaki 3-2, Ilhwa Chunwa 5-2 dan Thai Farmers Bank 2-1.

Piala AFC 2015

Setelah absen selama 20 tahun, Persib kembali kompetisi Asia pada tahun 2015. Sebagai juara Liga Super Indonesia (LSI) 2014, Persib mendapatkan kesempatan untuk tampil di Liga Champions Asia (LCA). 

Namun, pada pertandingan play-off, Persib menyerah kepada wakil Vietnam, Hanoi T&T 0-4.

Akibat kekalahan itu, Persib harus tampil di Piala AFC. Di kompetisi kasta kedua Asia ini, Persib tergabung di Grup H bersama Ayeyawady United (Vietnam), New Radiant (Maladewa) dan Lao Toyota (Laos).

Dengan catatan tak terkalahkan, Persib yang ditangani pelatih Emral Abus dan Djadjang Nurdjaman melaju ke babak 16 Besar sebagai juara Grup H dengan catatan 3 kali menang dan 3 imbang. 

Tiga kemenangan didapatkan dari New Radiant 4-1 dan 1-0, serta Lao Toyota 1-0. Sedangkan tiga hasil imbang dari Ayeyawadi United 1-1 dan 3-3, serta Lao Toyota 0-0.

Langkah Persib terhenti di babak 16 Besar setelah harus mengakui keunggulan wakil Hong Kong, Kitchee FC 0-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Kini, Persib mendapatkan kesempatan ketiga tampil di kompetisi Asia setelah menjadi juara Liga 1 2023/2024.

Perjuangan pertama Persib akan dimulai menghadapi klub Thailand, Port FC di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Kamis (19/9/2024).

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut