get app
inews
Aa Read Next : Kang Haru Tawarkan Subsidi Silang Untuk Tekan Kemiskinan di Jabar

Bey Sebut Jabar Hattrick Juara Umum PON Berkat Kekompakan Atlet dan KONI

Kamis, 26 September 2024 | 09:40 WIB
header img
Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Kontingen Jawa Barat (Jabar) berhasil mengunci hattrick atau tiga kali juara umum secara berturut-turut, usai mengamankan posisi pertama dalam klasemen perolehan medali ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Jabar mempertahankan juara umum setelah pertama kali diraih pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016 dan PON XX Papua 2021.

Penjabat (Pj) Gubenur Jawa Barat, Bey Machmudin mengapresiasi pencapaian yang berhasil diraih para atlet tersebut. Ia menyebut jika hasil ini berkat kekompakan para atlet dan KONI.

Pasalnya, Kontingen Jabar sempat berada di urutan ke-8 klasemen. Namun berkat kerja keras dari para pelatih di bawah bimbingan pelatih membuat Jabar keluar sebagai juara umum di PON Aceh-Sumut 2024.

"Saya melihat keseriusan dari para atlet dan pelatih. Yang cukup menarik adalah saat mulai PON Jawa Barat tertinggal, pada pertandingan pertama kita kalah, lalu pertandingan kedua juga kita kalah," ujar Bey usai acara peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) 2024 di Gedung Sate, Kamis, (26/9/2024).

"Saya melihat pak Ketua Koni mulai cemberut, mulai stres, mulai gak tenang dan gelisah. Kemudian saya juga sempat hadir melihat pertandingan saya melihat bagaimana pola pelatihan kita sudah sangat baik," lanjutnya.

Pencapaian luar biasa tersebut, kata Bey, tak lepas dari hasil binaan para Ketua KONI. Mereka bersama-sama membangun kekompakan hingga berhasil meraih hattrick juara umum PON.

"Saya melihat para Ketua KONI, punya ketenangan dan tidak menyalahkan atletnya, selalu bersama-sama dan selalu mensupport, karena kebersamaan kita ini Alhamdulillah kita berhasil," ungkapnya.

Namun, Bey mengatakan jangan puas diri atas pencapaian ini. Ia meyakini jika Jawa Barat mampu berkompetisi di kancah yang lebih tinggi.

"Terima kasih Pak Kadispora atas dedikasinya, saya sampaikan bahwa kepada Ketua KONI kita jangan sampai puas di tingkat nasional, masih ada Asia, Internasional, dan Olimpiade," tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus menyampaikan perjuangan luar biasa dari para atlet.

"Satu sisi kita ingin menuju impian Jabar hattrick, di sisi lain kontingen lain pun berusaha untuk mematahkan kita," katanya.

Akhmad Wiyagus mengatakan pencapaian membanggakan ini tentunya berkat hasil kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak.

"Amanah yang diberikan Pak Gubernur kepada saya tentulah tidak mudah, tetapi dengan komitmen dan dukungan para pelatih dan tentunya atlet yang penuh dengan semangat, semuanya sungguh membahagiakan," ungkapnya,

Selain itu, pencapaian ini berkat motivasi yang disalurkan oleh almarhum Wakil Ketua Umum Koni Jabar, Abdul Rosyad Irwan. Diketahui, Abdlu Rosyad wafat di tengah perhelatan PON Aceh-Sumut atau pada Senin (2/9/2024).

"Dalam pelaksanaan kita kehilangan rekan kita, dan kami sangat termotivasi dengan semangat yang dimiliki oleh almarahum dan kami juga sangat terpukul oleh semangat beliau dan komitmen beliau," kata Akhmad.

Sekali lagi Akhmad menyampaikan kebanggaannya atas ukiran prestasi dari para atlet Jawa Barat. Ia berharap, Jawa Barat bisa terus melahirkan atlet-atlet yang berprestasi.

"Tentunya kita jangan berpuas diri berada dititik ini. Kemudian juga kepada para atlet kami sangat bangga, terus semangat dan tularkan kepada adik-adik kita untuk mengukir prestasi di Jawa Barat," pungkasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut