Logo Network
Network

Atasi Dehidrasi dentan Buah-buahan dan Sayuran

Dude Darmaji
.
Sabtu, 05 Maret 2022 | 14:04 WIB
Atasi Dehidrasi dentan Buah-buahan dan Sayuran
Buah Stroberi

DEHIDRASI atau kekurangan cairan di dalam tubuh jangan dianggap enteng. Ketika mengalami gejala bibir kering, lemas, pusing, urine berwarna gelap atau kuning pekat, dan jarang buang air kecil itu tanda-tanda tubuh kita kekurangan cairan.

Untuk mengatasinya cukup mudah. Selain banyak minum, bisa juga dengan mengkonsumsi buah-buahan untuk menyuplai cairan dalam tubuh kita. Namun, bila gejala-gejala tadi tidak membaik meskipun telah minum air putih yang cukup dan makan makanan untuk mengatasi dehidrasi, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Berikut adalah buah-buahan dan sayuran yang baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi.

Semangka

Buah ini dikenal rendah kalori. Selain manis dan menyegarkan, Semangka memiliki kandungan 92 persen air. Semangka juga memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Buah ini sangat baik untuk mengatasi dehidrasi, kandungan antioksidan likopen di dalam semangka juga bermanfaat untuk menangkal efek radikal bebas dan meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Belimbing

Belimbing memiliki kandungan air sampai 91 persen. Mengandung vitamin C dan berbagai antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain mengatasi dehidrasi, mengkonsumsi buah ini juga untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun ada baiknya buah ini tak dikonsumsi penderita penyakit ginjal karena buah ini memiliki kandungan asam oksalat yang cukup tinggi. Penumpukan asam oksalat pada penderita gangguan ginjal bisa memperparah kerusakan ginjal, sehingga berisiko menimbulkan gagal ginjal.

Grapefruit

Di Indonesia buah ini lebih dikenal dengan nama jeruk bali merah. Ini adalah salah satu jenis buah sitrus yang kaya akan kandungan air, serat, folat, vitamin C, antioksidan, dan kalium.  Ragam nutrisi tersebut menjadikan grapefruit tak hanya dapat dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi saja, tetapi juga baik untuk mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2, memelihara kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

 

Stroberi

Hampir semua buah dalam kelompok beri, seperti stroberi dan bluberi, memiliki kandungan air yang tinggi. Namun, stroberi adalah jenis beri yang paling banyak mengandung air. Oleh karena itu, buah ini baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Melon

Melon mengandung banyak air, serat, serta beragam nutrisi seperti vitamin A, Vitamin C, folat, kalium, magnesium, kalsium, dan protein. Buah ini juga banyak mengandung antioksidan.

Mentimun

Mentimun sering dikonsumsi sebagai lalapan, rujak, atau salad. Sayuran ini merupakan makanan dengan kadar air tertinggi, yaitu 97%. Kandungan air yang tinggi ini dapat membantu Anda mengganti cairan tubuh yang hilang saat mengalami dehidrasi.

Selada

Selada merupakan jenis sayuran dengan kandungan air yang sangat tinggi. Kadar air dalam selada bahkan mencapai 96%, sehingga baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi.

Tomat

Tomat mempunyai  kandungan air melimpah dan sangat nikmat jika dijadikan jus untuk mengusir rasa haus saat cuaca panas. Buah ini kaya akan antioksidan, seperti likopen flavonoid, luteindan zeaxanthin, yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. (*)

Editor : Ude D Gunadi

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini