get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada, Pemkot Bandung Percepat Perekaman KTP-el Pemilih Pemula

Pilkada KBB, Pemilih Usia 17-19 Tahun Memilih Tiga Paslon Ini

Kamis, 17 Oktober 2024 | 22:13 WIB
header img
Tiga pasangan calon bupati-wakil bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat Usman, Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail, dan Edi Rusyandi-Unjang Asari menjadi pilihan pemilih pemula di Kabupaten Bandung Barat. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id  - Tiga pasangan calon bupati-wakil bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat Usman, Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail, dan Edi Rusyandi-Unjang Asari menjadi pilihan pemilih pemula di Kabupaten Bandung Barat.

Sebanyak 34,4 persen memilih pasangan Hengky-Ade, disusul Jeje Ritchie-Asep Ismail 24,1 persen dan 11,1 persen memilih Edi-Unjang.

Demikian disampaikan Direktur Riset Media Ade Irfan saat merilis hasil survei Pilkada KBB di Bandung, Kamis (17/10/2024).

Di sisi lain, tingkat popularitas masih didominasi pasangan calon yang dihuni public figure, seperti petahana Hengky Kurniawan, Jeje Ritchie Ismail dan Gilang Dirga Dirgahari.

Petahana Hengky-Kurniawan masih populer dengan 90,2 persen disusul Jeje Ritchie Ismail 87,1 persen, dan Gilang Dirga di angka 84,6 persen. 

Kemudian Cabup Dikdik Agus Triwiyono dengan 61,7 persen dan calon lainnya masih di bawah 50 persen. 

Begitupun dengan tingkat elektabilitas,  pasangan Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat Usman berada di posisi teratas dengan 24,6 persen, disusul Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga Dirgahari 22,5 persen dan Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail dengan 20,4 persen. 

"45,7 persen pemilih sudah mantap dengan pilihan mereka, sementara 38,7 persen masih terbuka untuk perubahan. Ini menunjukkan dinamika pemilih yang masih aktif menjelang pemilihan," kata Ade Irfan. 

Adapun 30 persen responden mengaku memilih pasangan Hengky-Ade Sudrajat karena pengalaman sebagai petahana. Di sisi lain 13,6 persen memilih pasangan Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga Dirgahari karena dianggap agamis, sementara 27,8 persen memilih Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail berkat popularitas dan program kerja yang baik.

Survei dilakukan sejak 3-10 Oktober 2024 dengan  jumlah responden 800 orang dan margin of eror +/-3,39 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Pilkada Kabupaten Bandung Barat menjadi ajang penting dalam memilih pemimpin daerah lima tahun ke depan. Kali ini sangat menarik, terlebih dengan lima pasangan calon (Paslon), di mana tiga di antaranya diisi artis nasional.

"Sebanyak 23,8 persen pemilih laki-laki dan perempuan cenderung memilih pasangan Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat, dan 25,4 persen masing-masing,” tukasnya. 

Berikut Paslon Bupati-Wakil Bupati yang akan bersaing di Pilkada KBB :

1. Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirgahari

2. Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail

3. Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat 

4. Edi Rusyandi-Unjang Asari

5. Sundaya-Asep Ilyas. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut