get app
inews
Aa Text
Read Next : Jelang Anniversary ke-6, MBI Bandung Berbagi Kebahagiaan Bersama Para Lansia

Solusi Mobilitas Warga Bandung, Bluebird Luncurkan Kampanye TrueBlue

Kamis, 20 Februari 2025 | 20:34 WIB
header img
Bluebird meluncurkan kampanye #TrueBlue untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih praktis dan sesuai dengan aktivitas harian masyarakat Bandung. Foto: Ist.

 

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Mobilitas adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari  masyarakat Bandung, yang aktif dengan berbagai aktivitas di tengah dinamika kota yang terus berkembang.

Namun, tantangan seperti kemacetan, keterbatasan lahan parkir, serta kebutuhan akan transportasi yang aman dan nyaman tetap menjadi perhatian. Menjawab hal tersebut, Bluebird meluncurkan kampanye #TrueBlue untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih praktis, nyaman, dan sesuai dengan aktivitas harian masyarakat Bandung.

Chief Marketing Officer PT Blue Bird Tbk, Mediko Azwar, mengungkapkan bahwa Bandung merupakan kota yang dinamis dengan gaya hidup yang menarik. Dengan ini, Bluebird meluncurkan kampanye #TrueBlue di Bandung yang bertujuan untuk lebih mengenalkan layanan mereka sebagai solusi mobilitas yang relevan dan dapat diandalkan dalam kegiatan sehari-hari warga Bandung menuju kebahagiaan.

Mediko Azwar menjelaskan bahwa meskipun Bluebird sudah sangat terkenal di Jakarta, namun di Bandung, lebih banyak pengguna layanan Bluebird adalah para traveler atau pengunjung luar kota.

“Kampanye #TrueBlue memang untuk mengingatkan masyarakat Bandung bahwa Bluebird hadir di Indonesia dan sudah menjadi brand ikonik yang dapat memberikan kenyamanan dan solusi transportasi,” ujarnya, Kamis (20/2/2025).

Tantangan utama yang dihadapi Bluebird di Kota Bandung adalah masalah mobilitas. Oleh karena itu, Bluebird hadir dengan berbagai inovasi dan layanan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Kami mengamati tantangan yang ada dan berkomitmen untuk menjawab kebutuhan warga Bandung akan transportasi yang nyaman dan aman," tambah Mediko.

Beberapa standar yang diterapkan oleh Bluebird di Bandung antara lain Standar Nyaman Indonesia (SNI) dan standar armada serta interior mobil yang tinggi. Mediko memastikan bahwa armada Bluebird memberikan kenyamanan bagi penumpang maupun pengemudi.

"Jangan kaget kalau mobil kami nyaman, karena kami memiliki standar tinggi untuk pengemudi dan juga armadanya," ungkap Mediko.

Selain itu, Bluebird juga berkomitmen pada pelayanan pelanggan dengan memastikan bahwa barang yang tertinggal di dalam mobil akan segera dikembalikan, serta menyediakan kanal untuk menyampaikan keluhan.

Layanan Bluebird tidak hanya dapat diakses melalui metode konvensional seperti berhenti di jalan atau datang ke pangkalan, tetapi juga melalui aplikasi Mu Bluebird. Bluebird bahkan hadir di aplikasi partner seperti Go-Jek dan Grab, memungkinkan pengguna untuk memesan layanan melalui platform tersebut.

Mediko menambahkan bahwa Bluebird juga memberikan berbagai pilihan metode pembayaran yang mudah, mulai dari pembayaran tunai hingga non-tunai seperti kartu kredit, debit, dan QRIS. Keuntungan lainnya adalah adanya promo dari berbagai mitra pembayaran yang bekerja sama dengan Bluebird.

Dengan kampanye #TrueBlue, PT Bluebird Tbk berharap dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat Bandung, serta meningkatkan brand awareness dan memberikan kemudahan bagi warga Bandung dalam menikmati layanan transportasi yang nyaman dan terpercaya.

General Manager Bluebird Bandung, Urfan Ridha, mengungkapkan bahwa perusahaan semakin memahami kebutuhan mobilitas masyarakat Kota Bandung setelah lebih dari dua dekade kehadirannya. Sejak tahun 2005, Bluebird telah menjadi solusi perjalanan bagi penduduk lokal maupun wisatawan yang mengunjungi Kota Kembang.

“Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas transportasi, kami hadir di berbagai titik pangkalan, termasuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti pusat perbelanjaan, lifestyle hub, kawasan bisnis, serta stasiun dan bandara. Melalui sinergi ini, kami dapat menjangkau lebih banyak segmen pelanggan, mulai dari anak muda, pekerja profesional, hingga wisatawan,” ujar Urfan Ridha.

Pada tahun 2024, Bluebird mencatatkan peningkatan signifikan dalam hal pengguna dan layanan. Urfan menyampaikan bahwa jumlah pelanggan di Bandung tumbuh hingga 40%.

"Peningkatan pengguna aplikasi MyBluebird mencapai 88%, dengan total pemesanan melalui aplikasi ini sebesar 45%. Selain itu, 83% transaksi sudah menggunakan metode cashless," tambah Urfan.

Dari sisi performa bisnis, Bluebird Bandung juga mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, yakni mencapai 60% pada tahun 2024.

Peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tingginya mobilitas masyarakat di Bandung. Urfan menyebutkan bahwa peluncuran proyek kereta cepat Whoosh, Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, serta pembukaan Tol Cisumdawu turut mendongkrak aksesibilitas transportasi di Bandung, terutama menuju BIJB yang kini lebih mudah dijangkau.

Seiring dengan tingginya permintaan akan armada, Bluebird juga melakukan penambahan armada yang cukup signifikan pada tahun 2024, dengan pertumbuhan armada mendekati 100%.

“Kami bertumbuh cukup baik pada 2024, dan kami menargetkan untuk tumbuh lebih baik lagi di 2025,” ungkap Urfan.

Meskipun di awal 2025 terdapat sedikit penurunan akibat faktor geopolitik dan bisnis, Urfan optimis bahwa dengan banyaknya long weekend yang jatuh pada tahun 2025, serta event-event besar seperti Konferensi Asia Afrika (KAA) dan konser-konser yang digelar di Bandung, Bluebird Bandung akan tetap tumbuh pesat.

“Dengan adanya event besar dan peningkatan mobilitas yang terus berjalan, kami yakin pertumbuhan Bluebird akan terus meningkat di tahun 2025,” pungkas Urfan Ridha.

Sementara itu, Ketua Tim Promosi Pariwisata Disbudpar Kota Bandung, Andika Indra turut mendukung hadirnya #TrueBlue.

"Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung selalu mendukung inisiatif yang memperkuat aksesibilitas dan mobilitas masyarakat. Kampanye ini menjadi salah satu langkah positif dalam memastikan warga dan wisatawan mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan terpercaya. Kami berharap inisiatif ini dapat terus berkembang untuk mendukung Bandung sebagai kota yang semakin ramah mobilitas dan turut meningkatkan pariwisata Bandung," ujar Andika.

Masyarakat Bandung dapat menikmati berbagai layanan dengan Standar Nyaman Indonesia (SNI), seperti Bluebird untuk transportasi harian, Goldenbird untuk sewa mobil, Bigbird untuk perjalanan kelompok menggunakan bus, Bluebird Kirim untuk layanan pengiriman, serta Cititrans untuk perjalanan antar kota antar provinsi. Selain melakukan pemesanan melalui call center atau menaiki taksi langsung di jalan, pengalaman perjalanan kini semakin praktis dengan aplikasi MyBluebird.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur inovatif, seperti Advance Booking, Tarif Pasti (Fixed Price), serta EZPay yang memungkinkan pelanggan naik dari mana saja dan tetap bertransaksi secara cashless. Beragam metode pembayaran non-tunai juga tersedia, mulai dari QRIS, e-wallet, hingga kartu debit/kredit.

Pengguna MyBluebird juga dapat menikmati berbagai keuntungan, seperti fitur loyalti EZPoint, yang bisa ditukar dengan hadiah menarik, serta MySubscription, yang membuat perjalanan lebih hemat hingga jutaan rupiah.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bluebird mengalami pertumbuhan yang signifikan di Bandung. Selama 2024, jumlah pemesanan Bluebird meningkat sebesar 40% dibanding tahun sebelumnya, didorong oleh meningkatnya penggunaan aplikasi MyBluebird yang kini menyumbang 45% dari total pemesanan. Adopsi teknologi ini juga tercermin dari peningkatan jumlah pelanggan MyBluebird sebesar 88%.

Untuk meningkatkan pengalaman mobilitas di Bandung, masyarakat dapat menikmati kode promo TRUEBLUEBDG yang memberikan potongan harga Rp10.000 untuk empat kali pemakaian. Promo ini berlaku di aplikasi MyBluebird. Selain mendapatkan potongan harga, Bluebird juga memberikan tambahan 1.000 EZPoint pada setiap transaksi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut