RZQ Active: Dari Jersey Olahraga Kini Jadi OOTD Kekinian

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ari Setiawan, pemilik IFA Group, berhasil membawa RZQ Active sebagai merek jersey yang tidak hanya populer di dunia olahraga, namun juga menjadi tren gaya hidup sehari-hari.
Dengan strategi inovatif dan pendekatan yang berfokus pada kebutuhan pasar, RZQ Active berhasil mencatatkan penjualan hingga 8.000 pieces per hari melalui platform e-commerce Shopee.
"Awalnya, RZQ Active memang besar dari Shopee. Kami beroperasi 24 jam tanpa henti untuk memenuhi permintaan pasar," ucap Ari saat ditemui di Kota Bandung, Rabu (5/3/2025).
Selain penjualan online, RZQ Active juga aktif berpartisipasi dalam berbagai acara offline seperti Jackcloth, untuk memperkuat branding dan memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas.
"Kami ingin mengubah persepsi masyarakat bahwa jersey bisa nyaman dipakai sehari-hari," ujarnya.
Ari menekankan pentingnya inovasi dan perubahan mindset dalam timnya.
"Saya hanya sebagai fasilitator. Tim branding dan kreatif yang mengembangkan ide-ide baru," sebutnya.
Salah satu inovasi utama adalah mengubah persepsi bahwa jersey hanya untuk olahraga, menjadi pakaian sehari-hari yang stylish.
Terinspirasi dari tren di Singapura dan Malaysia, Ari memperkenalkan jersey dengan serial number sebagai bagian dari OOTD (Outfit of The Day).
"Saya melihat peluang ini dan mulai mengembangkan desain sejak awal 2023," ungkapnya.
Ari mengatakan, RZQ Active awalnya fokus pada penjualan di Shopee, dengan 60 persen pelanggan berasal dari wilayah timur Indonesia. Setelah sukses di pasar domestik, mereka mulai merambah pasar ekspor ke Malaysia, Filipina, dan Singapura.
"Dalam tiga minggu terakhir, kami fokus pada pembelajaran pasar luar negeri," imbuhnya.
Di pasar domestik, RZQ Active menjadi pelopor dengan berbagai inovasi desain seperti jersey oversize, boxy fit, crop top, long sleeve, baseball jersey, dan full jaring, yang semuanya disesuaikan dengan permintaan pasar.
"Kami selalu mendengarkan permintaan pelanggan melalui live streaming," ucapnya.
Ari meyakini bahwa desain terbaik adalah yang diterima pasar.
"Sebagus apa pun desain kita, kalau tidak diterima masyarakat, tidak akan sukses," ujarnya.
Dengan pendekatan ini, kata Ari, RZQ aActive berhasil menjual 6.000–8.000 pieces per hari, bahkan mencapai 16.000–20.000 pieces saat twin date (tanggal kembar).
"Periode payday (tanggal 25–10) juga meningkatkan traffic," ungkapnya.
Selain itu, RZQ Active juga aktif melakukan branding melalui berbagai acara seperti Skateboarding Day Jakarta dan festival lainnya.
"Kami tidak pernah menggunakan brand ambassador berbayar. Banyak artis dan influencer yang membeli jersey kami sendiri," katanya.
Menurutnya, kepercayaan konsumen menjadi prioritas utama RZQ Active. Ari menyebut, ada beberapa strategi untuk bisa mengambil kepercayaan konsumen.
"Respon cepat dari tim customer service, live streaming interaktif dan informatif, pengiriman cepat dalam 24 jam, kualitas produk dengan teknologi anti-UV, anti-bakteri, dan anti-bau," jelasnya.
"Kami menggabungkan selling dan branding. Saat rilis produk baru, kami langsung mendukung berbagai event dan komunitas," lanjutnya.
Selain Shopee, RZQa Active juga menggunakan Facebook Ads dan Instagram Ads untuk menjangkau audiens di berbagai negara.
"Shopee Cross Border sangat membantu kami dalam ekspansi global," ucapnya.
Dengan strategi yang matang dan fokus pada inovasi serta kepercayaan konsumen, RZQ Active terus berkembang dan menargetkan ekspansi ke pasar Amerika Latin dan Benua Amerika.
"Kami selalu berusaha selangkah lebih maju dari seller lain dengan memanfaatkan digital marketing, inovasi produk, dan strategi branding yang kuat," katanya.
"Sebagai pelopor di industri ini, kami tidak takut dengan kompetitor. Justru, semakin banyak yang meniru kami, semakin jelas bahwa kami adalah yang terbaik di bidang ini," tandasnya.
Editor : Rizal Fadillah