Inovasi Tisu Basah Antiseptik Dukung 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id – Aktivitas bermain di luar ruangan diakui sebagai faktor esensial dalam proses tumbuh kembang anak.
Menyikapi tantangan kebersihan yang kerap dihadapi orang tua setelah anak beraktivitas, NUVO Family secara resmi meluncurkan inovasi terbarunya, NUVO Family Wet Wipes Nature Protect, pada acara puncak kampanye “NUVO Yuk, Main di Luar” (YMDL) yang digelar di Lapangan Pajajaran, Kota Bandung, bersama Brand Ambassador NUVO Family, Dion Wiyoko.
Peluncuran ini sekaligus menjadi bagian dari komitmen NUVO Family untuk mendukung terwujudnya Anak Indonesia Hebat melalui pembiasaan hidup sehat dan aktif, sejalan dengan program pendidikan setempat.
Marketing Manager Personal Care Category WINGS Group, Mita Ardiani menyampaikan bahwa produk tisu basah antiseptik ini hadir sebagai solusi praktis dan aman untuk memastikan anak tetap higienis saat beraktivitas di luar.
“NUVO Family Wet Wipes Nature Protect hadir dengan empat keunggulan utama, yakni aman untuk kontak dengan makanan, cocok digunakan pada kulit bayi, bebas alkohol, serta efektif membunuh kuman dalam 5 detik,” ucap Mita, Minggu (5/10/2025).
Ia menambahkan, inovasi ini melengkapi kampanye 30 Menit Main di Luar dan bertujuan mengingatkan orang tua untuk menjaga kebersihan diri dan anak di mana pun berada.
Sementara itu, Senior Brand Manager NUVO Family, Merry Christanty menjelaskan bahwa acara ini merupakan implementasi nyata dari kampanye yang terus digaungkan.
“Jadi NUVO Family kita mengadakan campaign adalah 30 menit main di luar, nah hari ini tuh adalah wadahnya, medianya untuk salah satunya yang kita siapkan untuk keluarga bisa bermain di luar bersama seperti itu,” ujar Merry.
Acara puncak di Bandung ini diramaikan dengan NUVO Challenge, serangkaian permainan yang dirancang khusus untuk melatih tumbuh kembang anak secara optimal. Merry menyebutkan, rangkaian permainan ini menguji berbagai aspek pada anak.
“Permainannya sendiri ini pun kita udah bikin rangkaiannya, jadi namanya NUVO Challenge. Di sini ada beberapa rangkaian permainan, di sini juga melatih antara ketangkasan, keterampilan juga kecerdasan, di mana yang dilombakan di sini adalah kecepatan. Jadi tentunya ada pemenangnya, dapat hadiah juga,” terangnya.
Selain kompetisi ketangkasan, suasana juga dimeriahkan dengan penampilan-penampilan yang apik dari ekskul sekolah-sekolah yang berpartisipasi.
Dia menambahkan, kegiatan edukasi dan permainan di luar ruangan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh NUVO Family sebagai komitmen jangka panjang.
“Sebenarnya kegiatannya rutin, jadi kita berkeliling di Indonesia. Ada beberapa kota-kota besar, seperti kalau untuk tahun ini kita akan dilanjut setelah Bandung ini, kita akan lanjut ke Solo lalu nanti lanjut lagi ke Makassar,” imbuhnya.
Kampanye YMDL tidak hanya berfokus pada kebersihan, tetapi juga mengedukasi orang tua melalui seminar parenting yang dihadiri oleh Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Efnie Indrianie.
Dalam materinya, Efnie menekankan pentingnya aktivitas luar ruang untuk mencegah brain rot atau kondisi di mana otak anak menjadi 'tumpul' akibat terlalu banyak mengonsumsi konten berulang yang kurang edukatif.
Untuk itu, Efnie memperkenalkan Strategi ABCDE yang dapat diterapkan orang tua sehari-hari, antara lain: Atur durasi bermain gawai, Bimbing anak selama menggunakan gawai, Cerita kepada anak melalui aktivitas membaca bersama, Diet sehat, dan Eksplorasi kegiatan baru di luar rumah.
"Terlalu banyak mengonsumsi konten berulang yang kurang edukatif dapat menyebabkan otak anak menjadi ‘tumpul’ atau kurang fokus. Untuk itu, strategi ABCDE berikut dapat diterapkan oleh orang tua kepada anaknya sehari-hari," jelas Efnie.
Acara puncak “NUVO Yuk, Main di Luar” diikuti oleh ratusan peserta dari lima sekolah dasar di Bandung, yang antusias mengikuti NUVO Challenge, serangkaian permainan motorik dan interaksi sosial, seperti word ball game dan mini wall climbing.
Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Bandung. Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Bandung, Risman Al Isnaeni, menyatakan dukungan penuhnya.
“Kami mengapresiasi langkah NUVO Family yang tidak hanya memperhatikan aspek kebersihan, tetapi juga mendorong anak-anak untuk lebih aktif bergerak melalui kegiatan ini. Upaya ini sejalan dengan misi kami dalam membentuk Anak Indonesia Hebat yang sehat, tangguh, dan berdaya saing dengan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang diantaranya adalah berolahraga/bergerak dan bermasyarakat,” kata Risman.
Sementara itu, Brand Ambassador NUVO Family, Dion Wiyoko mengingatkan peserta tentang pentingnya kebiasaan higienis.
“Penting sekali untuk kita selalu membiasakan mandi dua kali sehari dan membersihkan tangan setelah bermain. Apalagi sekarang sudah ada NUVO Family Wet Wipes Nature Protect, tisu basah antiseptik yang aman digunakan oleh anak-anak dan praktis dibawa saat lagi berkegiatan di luar,” tuturnya.
Melalui kampanye ini, NUVO Family mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk secara konsisten menumbuhkan kebiasaan sederhana, yaitu minimal 30 menit bermain di luar setiap hari, sebagai bagian dari semangat WINGS Group Indonesia dalam menghadirkan kehidupan yang lebih baik.
Editor : Rizal Fadillah