Muncul Dewan Kopral dan Dewan Kolonel, Ganjar Minta Semua Pihak Menahan Diri

Rizal Fadillah
Ganjar Pranowo. (Foto/Dok SINDOnews)

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA - Gubernur Jawa Timur, Ganjar Pranowo angkat bicara soal munculnya Dewan Kopral dan Dewan Kolonel menjelang Pilpres 2024.

Terkait hal itu, Ganjar Pranowo meminta semua pihak agar menahan diri di tengah dinamika politik dalam menyongsong Pilpres 2024.

Sebab menurutnya, ada urusan yang lebih penting dibandingkan membahas terkait Capres dan Cawapres.

"Saya minta semuanya menahan diri. Tadi pak Sekjen (Hasto Kristiyanto) menyampaikan, mungkin itu hanya candaan-candaan. Jadi publik tidak perlu merespon," ucap Ganjar, di Sekolah Partai, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Ganjar Pranowo menjelaskan, penentuan soal capres-cawapres yang diusung oleh PDIP pada Pilpres 2024 adalah urusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Maka bilamana sudah ditentukan sosok yang pasti, kata Ganjar, maka relawan maupun pendukung lainnya dapat berkolaborasi. 

"Tahan diri edukasi publik agar semuanya demokrasinya makin dewasa," ucapnya. 

Ganjar mengungkapkan, saat ini merespon berbagai hal bersifat aktual lebih penting dilakukan oleh kepala daerah disandingkan soal capres-cawapres.

Di mana PDIP pun meminta agar memperhatikan rakyat untuk menyikapi sejumlah isu mulai dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak hingga krisis pangan. 

"Perhatikan rakyat apalagi setelah kenaikan BBM. Politik anggaran merespon persoalan persoalan akibat kenaikan BBM, maka semua mesti bicara soal ekonomi kerakyatan," jelasnya.

Soal krisis pangan, setiap daerah diminta untuk menanam sepuluh tanaman Pendamping beras. Kemudian mengembangkan riset daerah dengan membentuk Badan Riset Inovasi Daerah (BRIDa). 

"Provinsi yang disebut baru Bali sama Jawa tengah. Dari tim sendiri sudah sangat siap melakukan pendampingan-pendampingan itu," katanya.

Untuk diketahui, belakangan ini muncul Dewan Kolonel yang diinisiasi dan dibentuk oleh anggota-anggota fraksi PDIP di DPR. Di mana tujuannya mendukung dan mendongkrak elektabilitas Puan Maharani untuk Pilpres 2024.

Tidak lama setelah itu, muncul Dewan Kopral sebagai tandingan Dewan Kolonel yang dibentuk para relawan Ganjar. Dewan Kopral ini juga bertujuan untuk menaikkan elektabilitas Ganjar Pranowo.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network