15 Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol, Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

Rizal Fadillah
Kandungan etilen glikol (EG) diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak. (Foto: ilustrasi/freepik)

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA - Kementerian Kesehatan menemukan 15 dari 18 obat sirup yang dikonsumsi pasien gagal ginjal akut pada anak-anak mengandung etilen glikol (EG).

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), dr Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan, kandungan etilen glikol (EG) yang terdapat pada 15 produk obat sirup tersebut diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak.

"Kita sudah mengidentifikasi 15 dari 18 obat yang diuji uji sirup masih mengandung etilen glikol," ucap dr Dante di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Terkait dengan itu, Kemenkes juga telah mengeluarkan edaran bagi sejumlah pihak untuk menghentikan sementara penjualan obat sirup selama proses investigasi, termasuk tenaga kesehatan dan apotek dilarang memberikan obat dalam bentuk cair atau sirup.

Seperti diketahui, Kemenkes bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Farmakolog, dan Puslabfor Polri, masih melakukan investigasi atau pemeriksaan guna memastikan penyebab pasti dan faktor risiko gangguan ginjal akut.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network