Pasar Leuweung, Penggerak Ekonomi Sekaligus Ajang Promosi Wisata Tahura Djuanda

Rizal Fadillah
Pasar Leuweung di Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda, Bandung. (Foto:iNewsBandungRaya)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Balai Pengelolaan Tahura Ir. H. Djuanda (Tahura Djuanda) kembali menggelar kegiatan Pasar Leuweung di Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda, Bandung, Sabtu (10/12/2022).

Plt UPT Tahura Djuanda, Aep Saepul Islam mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu wadah untuk para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka sekaligus memajukan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan Tahura.

"Acara ini kelanjutan, tiap bulan kita selalu mengadakan event bulanan Pasar Leuweung dan kita memprioritaskan UMKM sekitar kawasan Tahura karena usulan dari beberapa UMKM di sini dan kepala desa dalam rangka industri kreatif dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan hutan," tutur Aep.

"Kita fasilitasi beberapa kegiatan di Tahura ini untuk mereka mempromosikan dan menjual barang-barang di sini dengan tetap menjaga kebersihan dan tetap menjaga kawasan sebagai destinasi wisata," tambahnya.

Disamping itu, Pasar Leuweung ini juga menjadi ajang promosi destinasi wisata alam Tahura Juanda. Diharapkan, kegiatan ini semakin mendongkrak kunjungan wisatawan ke depannya.

"Hari ini kita padukan pasar Leuweung UMKM dengan kegiatan SWJ (Smile West Java) Ambasador yang selalu memviralkan destinasi di Jawa Barat. Hari ini juga mereka mendukung untuk destinasi di Tahura ini mereka akan memviralkan untuk menambah kunjungan pengunjung ke Tahura dan secara langsung akan mengasikan pendapatan untuk Tahura atau PAD untuk pemerintah," terangnya.


Plt UPT Tahura Djuanda Aep Saepul Islam.

Sebab menurut Aep, kegiatan Pasar Leuweung ini telah terbukti berhasil menarik minat masyarakat untuk mengunjungi Tahura Djuanda.

"Hasil penelitian kemarin, kunjungan destinasi jadi meningkat ditambah dengan beberapa informasi melalui medsos. Menurut data, ketika mengadakan acara ini angka kunjungannya meningkat dengan rata-rata di atas dua ribu pengunjung terutama di Sabtu-Minggu," katanya.

"Total pendapatan Tahura tahun ini sudah mencapai Rp4 Miliar dan itu sudah mencapai lebih dari target yang hanya Rp2,7 miliar," sambungnya.

Karena itu, demi lebih meningkatkan kunjungan wisatawan, kegiatan Pasar Leuweung ini dikolaborasikan bersama Disparbud Jabar dan Diskominfo Jabar.

"Event ini akan terus dijalankan sebagai momen kebangkitan ekonomi masyarakat melalui industri kreatif," ungkapnya.

Aep menjelaskan, selain di Tahura Juanda, Pasar Leuweung ini juga sudah ada 11 titik di Jabar.

"Ini konsepnya dari Dinas Kehutanan, Pasar Leuweung saat ini sudah ada 11 titik di Jawa Barat dan Tahura salah satu central untuk di Kota Bandung, Bandung Barat dan Cimahi. Di Kota lain, ada di Cianjur, Sukabumi, Subang dan daerah lainnya," katanya.

Aep menambahkan, untuk membuat pengunjung lebih nyaman berada di Tahura Djuanda, pihaknya juga bakal melakukan sejumlah perbaikan infrastuktur.

"Jembatan gantung, perbaikan mes untuk penginapan wisata, perbaikan jalan dan warung-warung kita tata bentuknya supaya menarik, Insya Allah tahun depan akan dibenahi," tandas Aep.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network