Tampung Sampah Bandung Raya, Ridwan Kamil Perluas TPA Sarimukti 6 Hektare 

Agung Bakti Sarasa
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta, kepala daerah di Bandung Raya untuk mengkampanyekan program zero waste. Foto: Instagram

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id  - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta, kepala daerah di Bandung Raya untuk mengkampanyekan program zero waste.

Menurutnya, hal itu untuk mengurangi volume sampah agar tidak 100 persen sampahnya dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Sarimukti.

"Saya minta pengurangan sampah di hulunya, yaitu kabupaten/kota yang memanfaatkan TPA Sarimukti diperkuat oleh Bupati/Wali Kota, salah satunya dengan mengampanyekan zero waste karena tidak bisa 100 persen sampah dibuang ke Sarimukti," ucap Kang Emil, sapaan akrabnya, usai Rapat Pimpinan di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (10/5/2023).

Dalam Rapat Pimpinan tersebut, Ridwan Kamil juga memutuskan, akan memperluas TPA Sarimukti sekitar enam hektare. Hal itu dilakukan agar bisa menampung sampah yang kini sudah over kapasitas.

Kang Emil mengatakan, perluasan TPA Sarimukti nantinya akan menggunakan lahan yang sudah ada di lokasi sehingga tidak perlu lagi pembebasan lahan. "TPA Sarimukti saya putuskan untuk segera diperluas sekitar enam hektare," ucapnya.

"Bukan pembebasan (lahan) karena sudah ada alokasi lahannya cuma belum dikonstruksi. Jadi seperti cadangan yang akan dipakai," tambahnya.

Kang Emil memastikan, perluasan lahan TPA Sarimukti akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Bahkan, tak hanya lahan yang akan diperluas, melainkan juga sejumlah alat berat akan diperbaiki untuk menunjang kelancaran proses pemindahan sampah. 

"Dalam hitungan hari atau minggu ini, ditambah dengan perbaikan alat berat diharapkan dalam hitungan hari sudah lancar lagi," jelasnya. 

Saat ini, lahan yang terpakai di TPA Sarimukti seluas 25 ha dengan daya tampung dua juta ton per hari. Namun, pasca libur lebaran 2023, sampah di TPA yang berada di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat tersebut melonjak tajam hingga 15 juta ton.

Bahkan, masih ada sampah yang belum terangkut di empat wilayah yang memanfaatkan TPA Sarimukti, yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi. 

"Kapasitas hanya untuk menampung dua juta ton sampah, tapi sekarang sudah 15 juta ton," ungkapnya. 

Kang Emil berharap, dengan perluasan lahan TPA Sarimukti persoalan sampah di wilayah Bandung Barat segera terselesaikan. 

Selain itu, perluasan lahan tersebut juga untuk mencegah terjadinya longsor seperti di TPA Leuwigajah beberapa tahun lalu. 

"Semoga secepatnya persoalan sampah ini selesai dengan perluasan lahan dan untuk mencegah kejadian longsor seperti di TPA Leuwigajah," tandasnya.

 

Caption: Ridwan Kamil berencana memperluas area TPPA Sarimukti untuk menampung sampah dari kawasan Bandung Raya. Foto/Dok

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network