Inspirasi Anak Muda, Ratusan Pelajar Ciptakan Kampanye Literasi Digital

Abbas Ibnu Assarani
Kampanye literasi digital yang diikuti ratusan pelajar di Indonesia. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Anak muda harus didorong untuk meningkatkan kecakapan dan partisipasi aktif dalam mendukung transformasi serta inklusi digital Indonesia. Upaya ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah.

PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM), Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia), dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) lantas tergerak untuk terlibat dengan menggarap program edukasi KU CERDIG (Kaum mUda CERdas DIGital).

Program tersebut melibatkan 375 pelajar SMA/SMK di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, dan Papua yang telah dimulai sejak Oktober 2022.

Inisiatif tersebut menjadi langkah penting dalam menginspirasi para peserta program untuk belajar bertanggung jawab dalam berinteraksi dan bertransaksi secara aman di dunia siber, termasuk media sosial.

Di akhir program, mereka didorong untuk membagikan pembelajaran yang diperoleh kepada anak muda lainnya dengan menciptakan ide proyek kampanye yang inovatif dan kreatif. Hasilnya, 30 kampanye literasi digital yang direalisasikan mampu menjangkau lebih dari 240 ribu anak muda di media sosial selama dua bulan.

Direktur PT BNP Paribas AM, Maya Kamdani, mengungkapkan program KU CERDIG adalah wujud nyata bagaimana berinvestasi bisa ikut memberikan manfaat bagi masyarakat, dalam hal ini melalui Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi (BNP Paribas IDX30 Filantropi), hasil kolaborasi bersama Citi Indonesia.

Lewat reksadana yang menerapkan konsep Investasi Berdampak (Impact Investing) itu, sebagian total dana kelolaannya dialokasikan untuk tujuan filantropi, salah satunya mendukung generasi muda untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan lewat karya-karyanya.

“Sejak diluncurkan pada tahun 2018, BNP Paribas IDX30 Filantropi telah mendukung berbagai inisiatif pemberdayaan masyarakat. Reksadana ini menjadi solusi investasi yang kami hadirkan untuk mewadahi investor dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Indonesia," ungkap Maya dalam keterangannya, Sabtu (27/5/2023).

"Melihat dampak yang mampu diciptakan dari dana sosial yang terkumpul, kami berharap dapat melibatkan lebih banyak investor dalam solusi investasi berdampak di masa mendatang. Hal ini sejalan dengan upaya kami memberikan kontribusi positif dan konstruktif kepada masyarakat di mana kami beroperasi," lanjut Maya.

Director and Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari mengungkapkan, inisiatif kegiatan itu juga diharapkan dapat berkontribusi terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan kompetensi digital masyarakat, khususnya generasi muda.

"Kami yakin dengan mempunyai pemahaman dan keterampilan teknologi digital yang baik bakal meningkatkan produktivitas generasi muda yang nantinya mampu mendorong perkembangan ekonomi digital. Penyediaan produk reksa dana dengan konsep investasi berdampak (impact investing) ini menjadi perluasan komitmen jangka panjang Citi dalam mengakselerasi peningkatan taraf hidup dan peluang ekonomi bagi generasi muda," jelas Puni.

Kominfo sudah meluncurkan hasil survei Indeks Literasi Digital 2022 pada Februari lalu. Dari empat pilar pengukuran, aspek keamanan digital menunjukan pertumbuhan yang lambat dan masih memperoleh skor terendah, yaitu 3,12.

Hal ini tercermin pada minimnya kesadaran dan kemampuan masyarakat Indonesia dalam hal keamanan siber. Hanya 32% yang merasa yakin bisa mengidentifikasi hoaks.

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner menambahkan, siswa SMA/SMK yang menjadi penerima manfaat program ini merupakan generasi Z yang sangat aktif menggunakan teknologi digital, tetapi masih minim keterampilan untuk memanfaatkannya secara aman dan bertanggung jawab.

Melalui program ini, Robert berharap para peserta memperoleh pembelajaran seputar digital yang komprehensif, mulai dari keterampilan dasar menggunakan internet, etika dan keamanan berkomunikasi di dunia maya, bertransaksi menggunakan layanan keuangan daring yang legal, serta perlindungan data pribadi.

"Kami meyakini penanaman kesadaran dan pengembangan literasi digital dalam program ini dapat mendukung para peserta untuk siap menghadapi perkembangan teknologi di masa depan," papar Robert.

Salah satu kampanye literasi digital yang mengusung tema “Berbelanja dan Bertransaksi Daring dengan Aman” karya tim Aksa dari SMAN 3 Semarang berhasil keluar sebagai proyek terbaik dalam kompetisi final program KU CERDIG.

Lewat kampanye ini, mereka berupaya mengedukasi generasi muda di Semarang agar bisa menjadi konsumen yang cerdas saat berbelanja dan bertransaksi secara daring.

Konten-konten seputar kiat aman berbelanja daring, cara mengidentifikasi toko daring tepercaya di lokapasar, serta tips mencegah penipuan daring disajikan kreatif dalam bentuk komik, infografik, dan video pendek yang ditayangkan di Instagram dan TikTok. Berkat inovasi dan kreativitas mereka, kampanye siswa SMAN 3 Semarang ini berhasil menjangkau 10.530 generasi muda di media sosial.​

Rangkaian program edukasi KU CERDIG digelar secara daring dengan memanfaatkan beragam platform digital. Selain itu, 21 sukarelawan dari PT BNP Paribas AM dan Citi Indonesia juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inspirasi kepada peserta program.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network