Kebakaran Pasar Cimol Gedebage Berhasil Dipadamkan, Api Lalap Blok Pakaian dan Celana

Agus Warsudi
Pasar Cimol Gedebage yang kebakaran tengah dilakukan pemadaman oleh petugas. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang berkobar di Pasar Cimol Gedebage, Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Mekarmulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung sekitar pukul 22.55 WIB. Blok pakaian dan celana ludes terbakar.

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Yusuf Hidayat mengungkapkan, laporan kebakaran diterima petugas sekitar pukul 22.05 WIB.

Mendapat, laporan itu, petugas langsung meluncur ke lokasi kejadian. Di lokasi, api tampak berkobar di Blok B dan D.

Menurutnya, petugas langsung melakukan pemadaman. 40 menit berselang, api akhirnya bisa dipadamkan. Sehingga kejadian kebakaran tidak merembet ke kios lain.

"Diinformasikan terjadi kebakaran yang terletak di Pasar Cimol Gedebage, di belakang. Yang terbakar Blok B dan D," ungkap Yusuf.

Yusuf menjelaskan, petugas pasca memadamkan api kemudian melakukan pendataan jumlah kios yang terbakar di Blok B dan D Pasar Cimol Gedebage.

"Yang jelas, yang terbakar adalah blok pakaian, celana, ada di sekitar tempat yang kebakaran," jelas Yusuf.

Disinggung soal korban, pihaknya mengaku belum mengetahui. Mengingat petugas masih fokus melakukan penanganan dan pendinginan.

"Untuk sementara belum (tidak ada korban). Kami masih dalam penanganan ya. Kami masih pendinginan. Teman-teman sedang melakukan pemadaman untuk menyisir masih ada api atau sudah tidak ada. Tapi kami tetap akan melakukan penyisiran, karena Blok ini masuk ke dalam. Sementara yang teridentifikasi (terbakar) Blok B dan D," tutur Yusuf.

Jawaban sama disampaikan Yusuf Hidayat saat ditanya tentang peyebab kebakaran dan dari mana api berasal. "Ini belum, belum terlihat. Api terlihat dari Blok B ya, antara B dan D. (dugaan sementara penyebab kebakaran) belum, kita belum bisa mengidentifikasi. Kami fokus pada pemadaman dan evaluasi apakah ada korban atau tidak, mudah mudahan tidak ada," ucap Yusuf Hidayat.

Diberitakan sebelumnya, Pasar Cimol (Pakaian Bekas) Gedebage, Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Mekarmulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, terbakar, Jumat (7/7/2023) sekitar pukul 22.00 WIB. 

Berdasarkan laporan yang diterima petugas emergency call 113 Diskar PB Kota Bandung, informasi diterima pada pukul 22.05 WIB. "Pelapor bapak Julian. Terima berita (kebakaran Pasar Cimol Gedebage) 22.05 WIB," kata petugas Diskar PB Kota Bandung dalam laporannya.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran itu. Video amatir yang beredar tampak api berkobar di area kios Pasar Cimol Gedebage. Dalam video tampak seorang pria membawa ember berisi air dan melemparkannya ke api. Tetapi upaya pria itu tak membuahkan hasil. Api justru semakin besar.

Diketahui, kebakaran telah beberapa kali terjadi kawasan Pasar Induk Gedebage Bandung. Berdasarkan catatan, kebakaran pernah terjadi pada 2018, 2022, dan Rabu 22 Februari 2022.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network