JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - JNE terus berupaya mendorong ekonomi kreatif Indonesia tumbuh dan berkembang. Terbaru JNE baru saja sukses melaksanakan Awarding Content Competition 2023.
Dalam kegiatan yang digelar di Rumah Wijaya Deep Space, Jl. Wijaya V No. 6, RT 03/05, Melawai, Jakarta Selatan, Senin (10/7/2023) sebanyak 48 pemenang Content Competition 2023 dengan 4 kategori diundang untuk menghadiri acara penyerahan hadiah secara hybrid.
Acara itu dihadiri oleh 4 dewan juri yaitu Maman Suherman, Martha Suherman, dan Ario Anindito. Tak hanya itu, turut hadir pula Staff Khusus Menteri Bidang Produktifitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Joshua Puji Mulia Simanjuntak, Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto dan Marketing Group Head JNE, Eri Palgunadi.
JNE Content Competition 2023 yang ke-10 ini mengusung tema “Semangat Bergerak Bangkit Bersama”. Tema tersebut dimaknai sebagai progress, pertumbuhan, pergerakan dan perjalanan perusahaan. Tema itu diharapkan dapat menebarkan energi positif dan optimise bagi masyarakat Indonesia agar terus maju, adaptif dalam berkarya, serta berinovasi dalam beragam program kolaborasi.
Penyelenggaraan award tersebut sudah berlangsung sejak 2011. Sampai tahun ini, lebih dari 3000 peserta dengan total 6.300 karya dari seluruh Indonesia yang sudah memberikan inovasi untuk masyarakat. Dan pada tahun ini, kompetisi ini menambahkan 2 kategori baru yaitu untuk mahasiswa dan pelajar, agar memotivasi dan memberikan hasil karya yang berbeda dengan kategori lainnya.
Staff Khusus Menteri Bidang Produktifitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing pada Kemenparekraf, Joshua Puji Mulia Simanjuntak mengatakan, pihaknya mengapresiasi JNE yang sudah menyelenggarakan Content Competition ke-10.
"Sangat luar biasa sekali. Walaupun sebagai perusahaan logistik, namum memberikan perhatian besar kepada dunia kreativitas. Yang dengan kategori literatur, foto, design, dan video tentu hasilnya akan memberikan inspirasi kepada masyarakat luas," kata Joshua dalam keterangannya, Jumat (14/7/2023).
"JNE bisa membuat kerja sama dengan membuat terobosan-terobosan dengan para steakholder termasuk juga kepada pemerintah, agar kita terus dapat mendukung logistik untuk memberikan kontribusi kepada para pelaku ekonomi kreatif yang lebih kompetitif," tambahnya.
Di tempat yang sama, Marketing Group Head JNE, Eri Palgunadi mengungkapkan, bisnis JNE saat ini tidak hanya sekadar melayani pengiriman. Lebih jauh JNE menjadi penghubung kebahagiaan sesuai dengan tagline Connecting Happiness yang harus dirayakan agar bisnis menjadi kreatif.
“JNE sebagai sebuah organisasi dengan usianya 33 tahun kita akan selalu mendukung industri kreatif, dan hal ini menjadi sumbang kasih kita untuk kemajuan bangsa. JNE terus berkomitmen untuk memberikan berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian negara melalui sejumlah langkah bisnisnya. Tidak sendiri, bersama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pelanggan, serta mitra," ungkapnya.
Pemenang yang terdiri dari berbagai kategori termasuk dari pelajar/mahasiswa, umum serta karyawan JNE yang telah mengeluarkan hasil karyanya dalam kompetisi ini merasa bangga. Salah satunya Abdihil Mukhlis, pemenang foto Juara 1, karyawan asal JNE Medan.
“Terima kasih kepada JNE dan dewan juri sudah menilai hasil karya saya, alhamdulillah kali ke duanya saya menang di kompetisi ini, sebelumnya saya pemenang juara 1 di kategori design tahun sebelumnya. Mural Alm Bapak Prapto merupakan mural hasil karya saya sendiri di JNE Medan. Semoga tahun depan saya bisa cross kompetisi dalam kategori lainnya,” ungkapnya melalui zoom.
Tak hanya karyawan, salah satu pemenang dari mahasiswa/pelajar pun ikut menghadiri acara Awarding JNE Content Competition 2023 yaitu Ghulam Sattar Ahmad, salahsatu mahasiswa Universitas Brawijaya. Dia juara 1 video kategori mahasiswa/pelajar.
"Terima kasih kepada JNE dan Kumparan yang telah menyelenggarakan acara kompetisi ini, karyanya berawal dari keisengan saya melihat iklan-iklan dan terinspirasi untuk membuat konten video tersebut, terima kasih kepada dewan juri sudah melihat dan menilai karya saya, semoga tahun 2024 saya akan mencoba mengeluarkan karya saya lainnya," ucapnya via online dari Jombang.
Desi Angriani, juara 1 Hard Online News, secara simbolis menerima penyerahan giant check secara langsung di Rumah Wijaya yang diserahkan oleh Iwan Hendarmawan selaku juara 3 pemenang writing competition tahun 2022.
"Terima kasih kepada JNE dan dewan juri, ini kali ke tiga saya ikut content competition dan sudah 2 kali menang, untuk tahun berikutnya saya ingin memberikan kesempatan kepada rekan-rekan lain yang pasti sedang terus berjuang untuk menang dalam membuat karya yang sangat bagus lagi," tulis jurnalis dari IDX Channel ini.
Lain halnya dengan cerita Emily Wiputri, sebagai juara 2 design kategori umum. “Tau ada kompetisi ini dari temen saya, sempat putus asa karena bersaing dengan masyarakat Indonesia yang pastinya lebih kreatif dan banyak ide, akhirnya saya mencoba untuk membuat dan terlahirlah ide design seperti ini. Terima kasih banyak kepada pihak JNE dan dewan juri telah menyelenggarakan content competition yang sangat kompetitif ini," bebernya.
Editor : Zhafran Pramoedya
Artikel Terkait