Koran Pertama yang Ungkap Keberadaan Danau Tjiboeroej Alias Situ Ciburuy

Aqeela Zea
Situ Ciburuy yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Foto: Instagram/@fdwii_eye

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Masyarakat Jawa Barat (Jabar) sudah pasti tahu betul akan Situ Ciburuy. Bagaimana tidak mereka sudah diajak berkenalan dengan situ di Kabupaten Bandung Barat (KBB) ini lewat penggalan lagu Bubuy Bulan.

Walaupun begitu, pasti ada sedikit penasaran bagaimana awal mula ditemukannya situ alias danau tersebut. Cerita dari koran masa lampau rupanya mengungkap keterkaitan Situ Ciburuy dengan lagu Bubuy Bulan.

Koran ini bernama De Preanger-bode. Kemungkinan besar, ini menjadi koran pertama yang menyebutkan tentang keberadaan Danau Tjiboeroej (Ciburuy) di sekitar Padalarang, Bandung.

Dalam koran itu, tertulis tanggal 17 November 1909. Di sana menceritakan, kondisi danau yang dahulu terkenal indah dengan air yang jernih serta hampir seluruh permukaannya tertutup tumbuhan air.

20 tahun kemudian, berita harian Bataviaasch Nieuwsblad juga menceritakan bagaimana keramaian di Situ Tjiboeroej. Tepatnya per tanggal 30 Januari 1929 silam.

Disebutkan di sana, Situ Ciburuy kerap dipenuhi oleh pengunjung yang berbondong-bondong datang hanya untuk menangkap ikan. Setidaknya, momen tersebut terjadi setiap satu kali dalam setahun.

Seperti diketahui, penggalan lirik lagu Bubuy Bulan yang tak asing di telinga ini adalah "Situ Ciburuy, Laukna Hese Dipancing". Orang Sunda Jabar biasanya membaca lirik itu sambil bersenandung lagu Bubuy Bulan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network