Komisi VII DPR RI Gandeng BRIN Latih Ribuan UMKM di Bandung soal Manajemen Bisnis

Rizal Fadillah
Komisi VII DPR RI Gandeng BRIN Latih Ribuan UMKM di Bandung soal Manajemen Bisnis. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Anggota Komisi VII DPR RI dari fraksi Partai Nasdem, Rian Firmansyah berkolaborasi dengan Forum Muda Kreatif Kabupaten Bandung Barat dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar pelatihan manajemen UMKM.

Pelatih yang diikuti 3.200 orang yang didominasi generasi milenial ini, berlangsung selama satu bulan di 12 titik yang tersebar di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung.

Dalam pelatihan tersebut, para pelaku UMKM diberikan pelatihan untuk mengatur bisnisnya mulai dari produksi, sampai tahapan distribusi agar lebih tertata dalam melakukan usahanya ke depan.

"Apalagi di sini ada produksi khas Kabupaten Bandung Barat yaitu wajit Cililin, Tentu ini (Wajib Cililin) butuh inovasi lain, mungkin dalam bentuk kemasannya, atau produknya, saya kira pelatihan ini akan bermanfaat," ucap Rian di Gedung PGRI Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (13/9/2023).

Rian mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencetak para pelaku usaha baru, yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan menghasilkan produk yang berkualitas dari daerah asalnya.

"Ini penting tentunya, menciptakan wirausaha baru karena Indonesia khususnya Bandung Barat akan bisa ditopang ekonominya dari UMKM setempat, apalagi pelaku utamanya milenial," ungkapnya.

Ketua Forum Muda Kreatif Kabupaten Bandung Barat, Asep Lukman Hermawan mengatakan, generasi milenial saat ini sangat kreatif, banyak peluang usaha yang bisa dibuat sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat.

"Ini sangat bermanfaat sekali, karena kalau mau usaha modalnya sudah ada, tapi ilmunya belum ada. Nah, di sini diberikan ilmunya," ujar Asep.

Selain pelatihan manajemen bisnis untuk UMKM, para peserta juga diberikan pelatihan dalam pembuatan produk dan pengembangan secara langsung yang dipandu oleh BRIN.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network