Realisasikan Program Bandung Barat Caang, Pemda KBB Targetkan Pasang 6.000 PJU

Adi Haryanto
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan saat meresmikan PJU bagian dari program Bandung Barat Caang sebanyak total 6.000 titik di Cililin, Minggu (17/9/2023). Foto/Dok.Humas

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan bisa merealisasikan program Bandung Barat Caang dengan memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 6.000 unit di tahun ini.

Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengatakan pemasangan 6.000 unit PJU itu akan tersebar di sejumlah wilayah di KBB. Program Bandung Barat Caang juga merupakan janji politik dari pasangan Aa Umbara Sutisna-Hengki Kurniawan (Akur) pada saat maju di Pilkada 2018 lalu.

"Hari ini merupakan pencapaian kami yang telah menunaikan janji politik, yakni Bandung Barat Leucir dan Bandung Barat Caang," ucap Hengki kepada wartawan usai peresmian di Jalan Raya Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (17/9/2023).

Menurutnya satu per satu janji politik dituntaskan. Setelah Bandung Barat Leucir yakni perbaikan jalan sepanjang 71 km selama dua tahun, sekarang diresmikan Bandung Barat Caang dengan pemasangan PJU yang totalnya akan ada sebanyak 6.000 titik di KBB.

Kendati begitu, Hengki mengakui masih banyak titik yang belum terpasang PJU. Namun, pihaknya bakal terus melanjutkan program Bandung Barat Caang hingga tahun depan. Pemda KBB juga melakukan revitalisasi alun-alun di sejumlah titik, antara lain Alun-alun Cililin, Alun-alun Bandung Barat dan Alun-alun Lembang.

"Insya Allah tahun depan akan terus dilanjutkan dan saya sudah titip untuk terus dilakukan, karena kalau ditotal kebutuhannya di KBB mencapai 20 ribu PJU," sebutnya.

Hengki meyakini baik program Bandung Barat Leucir maupun Bandung Barat Caang bisa membantu aktivitas masyarakat semakin lancar dan juga meminimalisir aksi kejahatan. Selain itu, dengan adanya penerangan ini maka wilayah selatan Bandung Barat bisa menjadi daerah sebagai tujuan wisata.

"Setelah Alun-alun Cililin jadi Wisata Religi maka akan kita kembangkan wisata alam lainnya, dan itu sudah ditopang oleh infrastruktur jalan yang baik dan PJU-nya," ucap Hengki.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), KBB, Fauzan Azima menuturkan, sebetulnya program Bandung Barat Caang sudah berjalan. Namun, peresmiannya baru dilaksanakan hari ini yang sekaligus bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional.

"Mudah mudahan momentum Bandung Barat Caang yang sudah dicanangkan ini bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat khususnya keamanan dan keselamatan di jalan," tuturnya.

Fauzan menyebut, tahun ini Dishub KBB akan memasang PJU di 5.893 titik cahaya dengan panjang yang akan dilayani PJU sepanjang 235,72  kilometer. Pemasangan PJU ini tersebar di 16 kecamatan untuk jalan kabupaten dan jalan desa. Mudah-mudahan bisa terealisasi dengan waktu yang telah ditetapkan.

"Kami menargetkan pemasangan PJU ini sampai akhir Desember 2023. Mudah-mudahan masyarakat bisa menerima manfaatnya sesuai harapan," tandasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network