3.213 Orang Tewas akibat 9.014 Kecelakaan di Jabar Selama 2023, Tol Cipali Jalur Maut

Agus Warsudi
Bus Handoyo yang terguling di Tol Cipali menewaskan 12 orang dan menyebabkan 7 orang luka. (FOTO: MPI)

Sepanjang 2023, ujar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabarr dan jajaran mencatat pelanggaran lalu lintas tercatat sebanyak 33.506 kasus.

Pelanggaran itu ditindak melalui tilang elektronik. Polda Jabar menyiapkan 21 tilang elektronik statis, 1 unit tilang elektronik portabel, dan 2.000-an unit tilang elektronik mobile untuk dapat menegakkan aturan lalu lintas. "Data  pelanggaran pada 2023 sebanyak 33.506," ujar Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan kecelakaan paling sering terjadi di jalur arteri dengan kontur jalan berkelok dan menanjak, yakni, Ciamis dan Sumedang.

"Wilayah yang paling sering kecelakaan, seperti Ciamis karena memang itu konstruksi wilayahnya daerah pegunungan juga Sumedang yang memang punya jalan yang sama pegunungan, tikungan," kata Kabid Humas Polda Jabar.

Sedangkan di jalur tol, ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo, kecelakaan sering terjadi di Tol Cipali dan Padalarang. "Ada juga di jalur cepat seperti tol. Di beberapa tol dengan kondisi menikung punya kerawanan dari sisi kelalaian pengemudi karena mengantuk. Seperti Tol Cipali dan Padalarang termasuk jalur Utara," ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network