Upaya Disparbud Jabar dalam Memajukan UMKM, 19 Brand Lokal Nongkrong di Outlet Uniqlo

Rina Rahadian
19 pelaku industri kreatif subsektor kriya dan fesyen berhasil memajang produk-produknya di beberapa store Uniqlo Kota Bandung. Foto: Istimewa.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id – 19 pelaku industri kreatif subsektor kriya dan fesyen berhasil memajang produk-produknya di beberapa store Uniqlo Kota Bandung. 

Kesembilan belas brand lokal tersebut mejeng di store Uniqlo Heritage, Uniqlo TSM Bandung dan Uniqlo PVJ.

Mereka yang terpilih telah menandatangani kesepakatan kerja sama di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Kamis 15 Februari 2024. 

Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparbud Jabar, Rispiaga menyampaikan program tersebut merupakan komitmen dari Dispabud Jabar untuk mengembangkan SDM pelaku ekonomi kreatif.

Melalui program tersebut juga, pihaknya berharap sektor ekonomi kreatif di Jabar semakin maju dan unggul.

“Disparbud Jabar selalu berkomitmen untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas SDM pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat. Kami juga bersyukur, alhamdulillah Uniqlo hadir dan mau berkolaborasi. Kami harap sektor ekonomi kreatif Jabar makin maju serta makin unggul,” ungkap Rispiaga, Sabtu (16/4/2023).

Untuk diketahui, program Uniqlo Neighborhood Collaboration merupakan program lanjutan yang dijalankan sejak 2023 lalu. 

Awalnya terdapat ratusan pelaku industri kreatif yang mendaftarkan diri. Namun setelah melalui proses kurasi, hanya beberapa yang berhak memasarkan produknya di Uniqlo secara bergiliran hingga tahun 2025.

Substainable and Corporate PR Manager Uniqlo, Yulia Rachmawati menyampaikan bahwa program tersebut dijalankan untuk membantu memajukan UMKM di Jabar.

“Kami mengapresiasi dan mendukung penuh komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat membantu memajukan UMKM. Kolaborasi ini dilakukan karena tidak bisa sendiri-sendiri untuk memajukan industri UMKM atau produk ekonomi kreatif kita,” ucap Yulia Rachmawati.

Untuk itu, Uniqlo Neighborhood Colaboration hadir dan menjdi jembatan terkenalnya produk-produk lokal serta meningkatkan penjualan.

“Semangat kami adalah menghadirkan pojok UMKM atau Uniqlo Neighborhood Colaboration di semua toko Uniqlo. Sejauh ini teman-teman yang sudah bergabung merasa lebih dikenal produknya sehingga meningkatkan penjualan,” tambahnya.

Dengan program ini juga diharapkan lahir peluang besar bagi para pelaku industri kreatif untuk memasarkan produknya secara lebih luas.

Berikut daftar 19 brand yang hadir di Instalasi Uniqlo Neighborhood Collaboration Showcase selama tahun 2024:

1. Sun n Thumb
2. Amoe Craft
3. Inchi Living
4. Kaina Handmade
5. Lily Things
6. Stun.Inc
7. RP Fashion Batik Tenun
8. UBAD
9. Itsmefayz Handmade
10. Botanina
11. Batik Santoso
12. Tusk
13. Batik Acuksae
14. Soiea Aromatic
15. Fromkoy
16. Ferma Leather
17. Cymkstudio
18. Kampung Cengkeh Ecoprint
19. Woodo.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network