Masuk Puncak Musim Hujan, Kawasan Bandung Raya Terancam Banjir

Rina Rahadian
Banjir di Stopan Cibaduyut arah Lingkar Selatan. Foto: Instagram @beritakotabandung.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang serta bencana hidrometeorologi masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

Berdasarkan analisis data iklim BMKG, sekitar lebih dari 55% wilayah Zona Musim Indonesia diprediksikan memasuki puncak musim hujan pada periode bulan Januari-Februari 2024.

Untuk itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat agar waspada dan siap siaga terhadap cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi.

“Cuaca Ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan pada bulan Januari dan Februari. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia," ujar Dwikorita, dikutip dari Antara, Senin (19/2/2024).

Menurut pantauan BMKG, hari Senin (19/2/2024) potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada rentang waktu antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kota Bandung.

Sebelumnya, dalam sepekan terakhir, sejumlah wilayah di Bandung Raya diguyur hujan deran yang mengakibatkan beberapa daerah pun diterjang banjir.

Seperti dilihat dari unggahan Instagram @beritakotabandung, banjir terjadi tepatnya di daerah stopan Cibaduyut arah lingkar selatan pada Sabtu (17/2/2024).

Dalam unggahan tersebut, terlihat beberapa kendaraan roda dua berhenti di tengah jalan karena tidak bisa melewati arus banjir yang ada didepannya.

Kejadian ini pun mendapat beberapa komentar dari para netizen. Tak sedikit dari mereka yang meminta Pemkot Bandung untuk segera mengatasi masalah langganan Kota Bandung tersebut. 

“Pemkot kumaha atuh?” tulis akun @odi***

“Dari jaman baheula atuh, herannya gak ada upaya apa2 untuk mengatasinya,” tulis akun @tia***

“Kumaha ini masih banjir Pak Sekda yang terhormat, mohon pencerahannya,” tulis akun sia***

Untuk diketahui, saat ini ada 12 titik rawan banjir. Lima di antaranya adalah titik potensi terjadi banjir atau ketinggian di atas 60 sentimeter, seperti di Margahayu, Cibaduyut, Pasirkoja, Leuwipanjang, dan Gedebage.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network