Sekolah di Bawah YPT Telkom Bandung Bimbing Karier Siswa hingga Jadi Profesional

Agus Warsudi
Siswa SMP Telkom Padang sedang belajar pemrograman. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Bandung, yakni, SMP Telkom Padang tak mau setiap lulusan hanya berbekal ijazah. Karena itu selama tiga tahun menjalani pembelajaraan, siswa mendapat bimbingan karier sesuai minat dan bakat.

SMP yang beralamat Jalan Aur Duri Indah Raya Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang tersebut berkomitmen untuk membekali siswa dengan keterampilan relevan dan dibutuhkan di masa depan. 

"Bimbingan karier paling diminati siswa adalah Junior Programing. Program ini memperkenalkan dan memperdalam pemahaman siswa terhadap dunia pemrograman komputer. Siswa paham betapa pentingnya pemrograman di dunia digital seperti sekarang ini," kata guru bimbingan karier Junior Programming, Iqbal Yuna Sabillah, Sabtu (30/3/2024).
   
SMP Telkom Padang, ujar Iqbal, tidak hanya ingin menciptakan pengguna teknologi cerdas, tetapi juga mampu melahirkan pencipta teknologi yang kreatif dan inovatif. Dengan fasilitas terbaik, tim pengajar berpengalaman, metode pembelajaran menyenangkan, dan interaktif dirancang SMP Telkom Padang sedemikian rupa.

"Semua fasilitas yang disediakan sekolah untuk memudahkan guru dalam mengajarkan materi mengenai pemrograman, siswa memahami dengan cepat, dan bersemangat untuk mengerjakan praktik yang lebih advanced.  Ini sesuai tagline kami, Digital itu Kami, Karakter itu Pasti," ujar Iqbal.

Iqbal menuturkan, teori diajarkan dari mulai basic dengan teori dan praktik beriringan, sehingga memudahkan para siswa dalam mempelajari dasar-dasar dunia pemrograman. Basic pemrograman yang diajarkan memanfaatkan aplikasi MIT APP Inventor. Siswa belajar bagaimana membangun sebuah aplikasi dengan metode drag and drop. 

Saat ini siswa sudah memiliki beberapa projek pribadi, seperti aplikasi mesin hitung, aplikasi bel, aplikasi translate bahasa daerah dan music player. Selain itu, siswa-siswi juga dibekali dengan ilmu robotika dasar, dengan memanfaatkan aplikasi berbasis website wokwi, arduino IDE, dan mikrokontroler Arduino.

Selain mendapat ilmu dari bimbingan karier, siswa bisa mematangkan hasil pembelajaran dengan praktik saat menjalani ekstrakurikuler. Terutama yang akan mempraktikannya untuk desain grafis, robotic, programming dan game maker. 

Ke depan, SMP Telkom Padang terus berinovasi untuk mempersiapkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi siap bersaing dan berkontribusi dalam dunia teknologi. 

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network