Masyarakat Siap Bantu Pemerintah Tangkal Hoaks di Pilkada Serentak 2024

Agus Warsudi
Masyarakat siap membantu pemerintah menangkal hoaks saat Pilkada Serentak 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

Jangan sampai mudah mudah termakan info tidak jelas dan terbawa arus untuk berkomentar yang akhirnya melahirkan perdebatan.

"Media sosial ini adalah salah satu sumber sangat berbahaya bagi masyarakat. Jika masyarakat tidak mengupgrade pengetahuan, bisa-bisa termakan isu bohong yang disebarluaskan di media sosial dan dibawa ke kehidupan nyata," ujar Didu.

Menurut Didu, salah satu pilar penting di masyarakat dalam menangkal berita-berita hoax yakni mereka para pemilih milenial atau generasi muda.

Meraka adalah bagian dari masyarakat yang bisa menjadi jembatan bagi lingkungan dalam memberikan informasi-informasi valid. Sebab, dengan kemampuan menguasai internet, mereka dengan mudah mencari kebenaran sebuah informasi yang sedang beredar dan memberikan pengetahuan ke lingkungan terdekat, salah satunya keluarga.

"Pemilih milenial sudah seharusnya lebih cerdas karena berbekal pengetahuan yang cukup dari internet. Penciptaan konten-konten kreatif dapat berfungsi memberikan edukasi sekaligus solusi untuk menangkal maraknya hoaks," tutur dia. 

"Lain halnya dengan generasi tua yangmemiliki keterbatasan dalam mencari atau memverifikasi setiap informasi. Karena, mereka masih buta dengan dunia internet," ucap Didu.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network