Hadiri Milad Ke-14 MPBI, Ernawan-Erni : "Banyak Suka Duka yang Dirasakan"

Adi Haryanto
Pembina MPBI Ernawan Natasaputra bersama sang istri Erni Rusyani saat menghadiri milad ke-14 MPBI yang digelar di Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, Selasa (4/6/2024). Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.id - Jamaah dari berbagai daerah di Bandung Raya, Cianjur, dan Sumedang, menghadiri milad ke-14 Majelis Perempuan Berzikir Indonesia (MPBI), Selasa (4/6/2024).

Mereka menenuhi Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Serta mengisi kegiatan dengan melakukan i'tikaf, salat dhuha, salat tasbih, tawasul, dzikir, shalawat asmaul husna, muhasabah hingga mendengarkan tausiyah.

Hadir di tengah-tengah para jamaah Pembina MPBI, Ernawan Natasaputra sekaligus mendampingi penggagas dan inisiator MPBI Hj. Erni Rusyani Ernawan. MPBI yang dicetuskan pada 3 Februari 2009 tetap konsen terhadap kegiatan keagamaan, sosial dan kini terus berkembang dengan memiliki ribuan jamaah.

"Waktu 14 tahun bukan sebentar, banyak hal yang telah dilalui. Saya perhatikan sekarang jamaahnya makin bertambah, semoga bisa terus istiqomah," ucap Ernawan.

Terselenggaranya pengajian rutin di Masjid Al-Irsyad oleh MPBI, berkat dukungan penuh dari pihak DKM setempat. Selama ini ibu-ibu di bawah naungan MPBI yang dipimpin istrinya, diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menyelenggarakan kegiatan keagamaan.

Kehadiran kaum ibu yang melakukan i'tikaf tidak hanya sekadar beribadah untuk dirinya saja. Namun mereka bisa membimbing keluarganya untuk taat pada perintah agama Islam.

"Ibu-ibu adalah pondasi bagi keluarga untuk memagari perilaku anak-anaknya," kata Wakil Bupati Bandung Barat periode 2008-2013 ini.

Sementara itu Hj. Erni Ernawan mengakui, banyak suka dan duka yang dialaminya menggawangi MPBI selama 14 tahun. Dirinya bersyukur karena jamaah yang mengikuti kegiatan i'tikaf seiring berjalan waktu ada perubahan yang cukup signifikan dan bertambah banyak.

"Pernah yang hadir hanya 300 orang, tapi sekarang sudah sampai 1.500 jamaah. Mereka seperti dari wilayah Bandung Raya, Cianjur, dan Sumedang," sebut Erni.

Menurutnya, pada awal-awal melaksanakan kegiatan pengajian ini mayoritas pesertanya ibu-ibu yang usia lanjut. Tapi alhamdulilah sekarang banyak ibu-ibu muda juga yang mengikutinya, termasuk dari kalangan remaja dan mahasiswa.

MPBI yang didirikan tahun 2009 tersebut, makin berkembang dengan aktivitas keagamaan. Tidak hanya pengajian saja namun ada aksi sosialnya juga. Bahkan di antaranya, sudah bisa memberdayakan keberlangsungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menanggapi kehadiran kalangan muda di acara pengajian tersebut, Erni menyatakan kebahagiaannya. Padahal selama ini tidak ada kiat tertentu supaya mereka ikut melakukan aktivitas keagamaan tersebut.

"Alhamdulillah makin banyak kalangan anak muda yang tertarik untuk gabung dalam kegiatan MPBI," ungkapnya.

Dikatakannya, rutinan i'tikaf dhuha tersebut diselenggarakan sebulan sekali, setiap Selasa pada minggu pertama. Untuk tausiyah pihaknya tidak hanya mendatangkan ustadz setempat namun sesekali mengundang ustadz kondang seperti Evie Effendy, Angelina Sondakh atau Ustadz Riza Rachmat.

"Angelina Sondakh bahkan sudah dua kali mengisi acara di MPBI. Semoga saja MPBI terus eksis dan berharap bisa menjadi bekal di akhirat kelak," imbuhnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network