Warga Mulai Datangi Kawasan Asia Afrika, Saksikan Keseruan AAF 2024

Agung Bakti Sarasa
Warga Mulai Datangi Kawasan Asia Afrika, Saksikan Keseruan AAF 2024. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Setelah hujan mengguyur Kota Bandung sejak pagi, sejumlah masyarakat mulai berdatangan ke kawasan Jalan Asia Afrika untuk mengikuti gelaran Asia Africa Festival (AAF) atau Festival Asia Afrika 2024 yang digelar pada hari ini, Sabtu (6/7/2024).

Berdasarkan pantauan di lapangan pukul 10.45 WIB, terlihat warga mulai berkumpul di kawasan Asia Afrika tepatnya di depan Gedung Merdeka. Tampak pula sejumlah orang tua yang membawa anak-anaknya menyaksikan festival tahunan ini.

Terlihat, pagar pembatas membentang di sepanjang Jalan Asia Afrika. Nantinya, jalan tersebut akan dipakai rute Karnaval Budaya dari depan Hotel Grand Preanger hingga ujung Jalan Cikapundung Barat yang berbatasan dengan Jalan ABC.

Tampak pula, panggung besar berada di sisi Gedung Merdeka, yang nantinya akan menampilkan pertunjukan kesenian. Mulai dari Ega Robot, Benjang, Tarian, AAF Jingle, AAF Maskot, Special Performance dari India & Mozambique.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, guna menyukseskan Festival Asia Afrika 2024 pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa penutupan jalan dan pengalihan arus kendaraan.

"Biasanya dari Tamblong-Asia Afrika bisa langsung ke barat, sekarang karena ditutup jadi agak muter. Di Naripan biasanya bisa belok ke Braga Pendek, sekarang saya arahkan ke timur, di timur bisa belok ke kanan atau lurus. Dari Tamblong-Asia Afrika bisa lurus ke Pungkur menunu Asia Afrika, bisa dari Lengkong Besar belok ke kanan, lanjut ke Jl. Dalem Kaum, lanjut ke Alun-alun Timur," kata Asep saat ditemui di lokasi acara.

Asep mengatakan, ada sebanyak 90 personel yang disiapkan dalam rekayasa lalu lintas berupa penutupan jalan dan pengalihan arus kendaraan tersebut.

"Kami menyimpan sekitar 90 anggota dua shift, kolaborasi dengan kepolisian untuk pengaturan-pengaturan lalu lintas seputaran Asia Afrika," ucapnya.

Asep menyebut, banyaknya petugas yang disiapkan lantara acara Festival Asia Afrika 2024 berbarengan dengan penutupan Braga Beken.

"Karena momen Asia Afrika itu ada dua kegiatan yang tadi saya sebutkan, ada Braga Beken dan ada Asia Africa Festival," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah kantong parkir bagi para pengunjung Asia Africa Festival 2024.

"Kami sudah menyiapkan kantong-kantong parkir, jangan parkir sembarangan. Salah satunya mungkin dari atas ada di Dewi Sartika, di Balaikota, turun ke bawah ada (Kantor) Sumber Daya Air, ada Basement (Alun-alun), ada (Kantor) POS Giro. Ke Naripannya ada RS Teguh, Bank bjb, itu kalau yang off street," bebernya.

"Kalau yang on street mah di setelah rel ada marka, ke Jalan Viaduct ada marka, di Banceuy ada marka, Cikapundung ada marka parkir, jadi jangan parkir sembarangan," tambahnya.

Tak ketinggalan, sejumlah petugas dari tim Unit Reaksi Cepat (URC) serta pemadam kebakaran (Damkar) disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal tidak terduga.

"Kami mempersiapkan Tim URC (Unit Reaksi Cepat) dalam rangka misalnya kita di luar kota ada kemacetan, seperti one way salah satunya itu. Jadi gabungan kepolisian, TNI dan Dishub itu yang akan mengurai kemacetan," katanya.

"Lalu misalnya kita kolaborasi juga dengan Pemadam Kebakaran bilamana kebakaran, dengan Dinkes kita siapkan ambulance. Kita insya Allah sudah sangat baik mempersiapkan ini, karena kita ini momennya bukan nasional aja, tapi internasional juga," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network