Kuliah Umum di IPDN Jatinangor, Bahlil: Hilirasasi Penting untuk Wujudkan Indonesia Emas

Agus warsudi
Menteri Investasi/Kepala BKPM Balil Lahadalia disematkan lencana oleh Rektor IPDN Prof Hadi Prabowo. (FOTO: AGUS WARSUDI)

BANDUNG, iNews BandungRaya.id - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memberikan kuliah umum bertema "Kepemimpinan Transformasional dan Strategi Hilirisasi Nasional Menuju Indonesia Emas 2045" di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Jalan Raya Bandung-Sumedang, Kamis (11/7/2024).

Dalam pemaparannya, Bahlil Lahadalia mengatakan, hilirisasi penting dilakukan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia emas pada 2045. Sebab, hilirisasi menciptakan sumber pendapatan negara.

“Kalau mau menuju Indonesia emas, pertumbuhan ekonomi harus di atas 7 persen. Pendapatan perkapita harus di atas USD10.000. GDP harus 5-6 terbesar di dunia. Karena itu dibutuhkan mesin pendongkrak ekonomi,” kata Bahlil.

Menurut Bahlil, salah satu mesin pendongkrak ekonomi adalah hilirisasi. Kementerian Investasi membuat desain besar untuk hilirisasi, baik di sektor minyak dan gas, mineral dan batubara, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan pertanian.

“Kami menciptakan nilai tambah di sini, supaya menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau lapangan pekerjaan tercipta, hilirisasi terbangun, pendapatan negara naik, upah naik, gaji pegawai negeri juga naik,” ujar Bahlil.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network