Orasi Ilmiah di Dies Natalis Unjani, KSAD Paparkan Peran TNI AD Menuju Indonesia Emas

Adi Haryanto
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak usai memberikan orasi ilmiah di Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke-34 Unjani, mengenai Peran TNI AD Menuju Indonesia Emas, di Auditorium Unjani, Kota Cimahi, Senin (15/7/2024). Foto/Istimewa

CIMAHI,iNews BandungRaya.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memberikan orasi ilmiah dalam Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-34 Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Senin (15/7/2024).

Mengacu kepada judul orasi ilmiah “Peran TNI AD Menuju Indonesia Emas”, KSAD membongkar berbagai upaya yang dilakukannya bersama prajurit TNI AD untuk membantu pemerintah menggapai Indonesia Emas di tahun 2045.

"Kelihatannya apa yang dilakukan TNI AD seolah-olah kegiatan sosial dan kegiatan lingkungan hidup. Tapi dibalik semua ini, ada konsep-konsep pertahanan rakyat semesta yang sedang dibangun, yaitu bagaimana masyarakat di pedesaan bisa hidup layak,” tuturnya.

Hal tersebut disampaikan KSAD di hadapan Rektor Unjani, Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), dan segenap Civitas Akademika Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) pada acara Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke-34 Unjani, yang digelar di Auditorium Unjani, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Maruli menyebutkan, kegiatan yang dimaksud merupakan program-program unggulan TNI AD yang gencar dilakukan oleh prajurit untuk membantu masyarakat di daerah-daerah. Seperti program Manunggal Air, Ketahanan Pangan dan Bersatu Dengan Alam, yang diproyeksikan bermuara pada terwujudnya Sistem Pertahanan Rakyat Semesta sebagai wujud bersinerginya seluruh komponen bangsa.

KSAD juga menyebutkan apa saja yang menjadi kunci keberhasilan menuju Indonesia Emas. Untuk itu dirinya berpesan agar para mahasiswa berupaya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pengembangan SDM, menjadi agen-agen perubahan, guna memuluskan transformasi teknologi dan digitalisasi di tanah air.

"Sebagai generasi penerus, mahasiswa harus memikirkan tentang keberlanjutan lingkungan hidup, berpikir kreatif dan inovatif, serta sanggup berbuat di luar rutinitas (Out of The Box). Harus bisa menjadi motivator dan orator yang andal, serta senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia,” ucap Maruli memotivasi para mahasiswa.

Kehadiran KSAD dalam Sidang Senat Terbuka dan Dies Natalis ke34 Unjani ini juga sekaligus menunjukkan komitmen penuh TNI AD dalam mendukung pengembangan dan kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Sebelum menyampaikan orasi ilmiahnya, KSAD terlebih dahulu meresmikan bangunan Gedung Fakultas Kedokteran (FK) Unjani, yang ditandai dengan penandatangan prasasti, pengguntingan pita, serta peninjauan gedung.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unjani, Prof. Hikmahanto Juwana menyebutkan, sudah mengagendakan mengundang KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai orator ada acara Dies Natalis ke-34 Unjani.

Sudah menjadi tradisi dan kebiasaan di dalam Dies Natalis ini ada orasi ilmiah dan selalu mengundang orator dari para perwira tinggi TNI AD yang mempunyai kualifikasi intelektual tinggi. Sebelumnya pernah menghadirkan Prof. Hendropriyono, Letnan Jenderal TNI Doni Munardo, dan Letnan Jenderal TNI Kiki Syahnakri.

"Selain orasi ilmiah tadi kami juga mendampingi Pa KSAD meresmikan Gedung Auditorium dan Fakultas Kedokteran Unjani, sehingga ke depan wisuda sudah bisa dilakukan di sini," tuturnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network